Thomas Anung Basuki, Ph.D.

anung

Profil

Nama: Thomas Anung Basuki, Ph.D.

E-mail: anung@unpar.ac.id

Status: aktif mengajar

Bidang Keahlian: Metode Formal, Pengolahan Bahasa Alami, Sistem Cerdas

Mata kuliah yang diajar:

  • Pengantar Informatika
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Pengantar Sistem Cerdas
  • Penulisan Ilmiah
  • Pengolahan Bahasa Alami

Pendidikan:

Informasi Lain

Saya adalah seorang dosen yang sangat mencintai mengajar. Sebagian besar mata kuliah di Teknik Informatika pernah saya ajar. Mengajar membuat saya merasa berharga, membuat saya memahami ilmu saya dengan lebih baik dan menantang saya untuk terus-menerus belajar. Mengajar juga membuat saya banyak belajar dari orang lain dan bermanfaat positif bagi pribadi saya.

Saya juga sangat suka membaca dan memiliki ketertarikan besar dengan bahasa. Segala jenis bacaan mulai dari fiksi maupun yang ilmiah saya sukai. Saya merasa membaca memperluas wawasan saya dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, sehingga sangat mendukung profesi saya sebagai pengajar. Untuk menghubungkan minat saya akan membaca dan bahasa dengan bidang ilmu yang saya tekuni, saya memilih bidang ilmu Pengolahan Bahasa Alami. Ini juga dipicu oleh kegelisahan saya akan kemampuan berbahasa, terutama Bahasa Indonesia, pada generasi muda Indonesia. Jika anda tertarik dengan penelitian yang saya lakukan silakan melihat di https://scholar.google.co.id/citations?user=Li46oeQAAAAJ&hl=id.

Di samping sebagai dosen, saya adalah ayah dari 4 orang anak laki-laki. Bergaul dan bermain dengan anak-anak juga merupakan salah satu ketertarikan saya yang lain. Keempat anak saya adalah harta terbesar dan kebanggaan saya dan istri saya. Namun, mereka juga adalah yang membuat rumah saya panas dan hidup (… because I have four suns at home …).

Sisi lain terakhir dari saya adalah seorang administrator dan birokrat pendidikan. Sejak saya menjadi dosen pada tahun 1997 sampai sekarang, sudah berbagai jabatan administrasi akademik yang saya emban. Itu menunjukkan bagaimana saya menghabiskan sebagian besar waktu saya di kantor.

X