Dr.rer.nat. Cecilia Esti Nugraheni, ST, MT

cheni

Profil

Nama: Dr.rer.nat. Cecilia Esti Nugraheni, ST, MT

E-mail: cheni@unpar.ac.id

Status: aktif mengajar

Bidang Keahlian: Spesifikasi dan Verifikasi secara Formal, Pemodelan dan Simulasi, Optimisasi, dan Sistem Multi Agen

Mata kuliah yang diajar:

  • Struktur Diskrit
  • Bahasa Pemrograman
  • Pemrograman Fungsional
  • Jaringan Syaraf Tiruan
  • Pemodelan dan Simulasi

Pendidikan:

  • S3: Informatik, Ludwig-Maximilians Universität (Uni-München), Munich, Germany
  • S2: Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung
  • S1: Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung

Informasi Lain

Saya termasuk salah satu dosen yang terlibat dalam pendirian jurusan/prodi Informatika UNPAR pada tahun 1996, yang dulu bernama Ilmu Komputer.

Saya aktif melakukan penelitian dan publikasi baik di jurnal maupun pada forum-forum pertemuan ilmiah internasional/nasional. Beberapa kali saya berhasil memperoleh hibah penelitian dan insentif publikasi makalah pada jurnal internasional dari pemerintah (DP2M RistekDikti).

Beberapa kegiatan pengabdian pada masyarakat yang sempat saya ikuti adalah pembangunan website Gereja St. Odilia Bandung, pembangunan website Formasi Ordo Salib Suci Sang Kristus, dan pengembangan Sistem Basisdata Perpustakaan Biara Pratista Kumara Wara Bharata Ordo Salib Suci Bandung.

Meskipun menjadi dosen bukan cita-cita saya sejak kecil, namun ternyata Tuhan menuntun saya pada panggilan hidup saya ini. Bagi saya ilmu pengetahuan adalah inti sari dari kehidupan, sehingga dalam mengajar saya selalu berusaha menghubungkan materi kuliah dengan kehidupan sehari-hari. Dalam perjalanan selama lebih dari dua puluh tahun sebagai dosen, secara perlahan saya menemukan ilmu-ilmu hidup yang bersifat universal yang bisa ditanamkan dalam mata kuliah yang saya ajarkan, bahkan yang sangat teoritis sekalipun ternyata bisa dibawa kedalam kehidupan sehari-hari.

Saya sangat menyukai musik, hampir semua genre musik saya suka. Saya senang menyanyi, menulis puisi, dan sedikit-sedikit mencipta lagu rohani.

Beberapa tahun terakhir, saya menjadi dosen pendamping bagi komunitas Keluarga Mahasiswa Katolik UNPAR.

X