Gede Karya, S.T., M.T., CISA

gkarya

Profil

Nama: Gede Karya, S.T., M.T., CISA, IPM

E-mail: gkarya@unpar.ac.id

Status: sedang studi S3 di Program Studi Teknik Elektro dan Informatika STEI, ITB.

Bidang Keahlian: Enterprise Information System, IT Governance and Audit, Mobile Cloud Application

Komunitas Bidang Ilmu: Sistem Informasi

Mata kuliah yang diajar:

  • Strategi Sistem Informasi dan Enterprise Architecture (EA)
  • Pengendalian dan Audit Sistem/ Teknologi Informasi
  • Sistem Aplikasi Telematika
  • Pemrograman Aplikasi Bergerak (Mobile)
  • Pemrograman Berbasis Web
  • Jaringan Komputer
  • E-business
  • Interaksi Manusia Komputer
  • Manajemen Proses Bisnis
  • Komputer dan Masyarakat

Pendidikan:

Informasi Lain

Aktifitas Pembelajaran

Selain menggunakan metode pembelajaran yang konvensional, saat ini tertarik dan aktif mengembangkan metode pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL), khususnya Problem Based Learning (PBL) bekerjasama dengan Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP). Dengan menerapkan motode PBL, mahasiswa tidak hanya dirancang untuk memahami substansi kuliah, namun juga memiliki keterampilan proses untuk memecahkan persoalan dan bekerjasama dalam tim secara mandiri. Keterampilan proses ini akan sangat berguna dalam mempelajari hal baru secara mandiri sehingga mampu berkembang di masyarakat secara berkelanjutan. Semua aktifitas pembelajaran dilaksanakan dengan dukungan sistem IDE-Unpar.

Aktifitas Penelitian

Selain aktif mengajar, juga aktif melaksanakan penelitian baik secara mandiri, didanai dengan hibah Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), maupun hibah bersaing Dikti. Penelitian dilaksanakan bersama dosen lain secara berkelompok, dan melibatkan mahasiswa yang terintegrasi dalam pembimbingan skripsi mahasiswa. Bidang penelitian yang ditekuni antara lain: pengembangan aplikasi berbasis mobile cloud, big data processing menggunakan teknologi Hadoop dan ekosistemnya, Enterprise Application Integration (EAI), dan business inteligent (BI) menggunakan teknologi Pentaho, dan otomasi pengujian aplikasi web enterprise, dan audit sistem informasi bersekala enterprise. Hasil penelitian telah dipublikasikan pada seminar, konferensi dan jurnal yang diindex oleh Google Scholar).

Pengabdian pada Masyarakat

Dilaksanakan dalam bentuk layanan kepakaran kepada lembaga pemerintah (seperti: Bappenas, Kemenkeu, BKPM, SKK-Migas, Kemenperin), BUMN (seperti: Pertamina, Angkasa Pura, INTI), swasta dan masyarakat umum. Bidang layanan yang ditekuni antara lain: penyusunan dan evaluasi ICT Master Plan, kebijakan dan tata kerja terkait IT, pengembangan aplikasi (aplikasi terdistribusi berbasis teknologi cloud dan big data processing, aplikasi web dan mobile), IT governance, security dan audit, serta layanan advokasi dalam bentuk saksi ahli pada beberapa pengungkapan kasus-kasus terkait teknologi informasi. Dalam layanan ini digunakan berbagai standar/ best practice seperti: TOGAF, COBIT, ISO27001, SWBOK, BPMN.

Sertifikasi Profesi

Saat ini telah mendapat sertifikasi profesi sebagai dosen profesional dari DIKTI, Certified Information System Auditor (CISA) dari Information System Audit and Control Association (ISACA), dan Insinyur Profesional Madya (IPM) dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Asosiasi Profesi

Aktif menjadi anggota Information System Audit and Control Association (ISACA) sejak 2005, dan  menjadi Board Member – Academic Relation Officer pada Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) sejak 2015. Pada tahun 2017, menjadi anggota dari Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

X