I-nite: Unforgettable Night

Suasana I-Nite
Suasana I-Nite

Catatan: Mahasiswa Prodi Teknik Informatika memiliki organisasi HMPSTIF (Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika), yang secara berkala mengadakan kegiatan non-akademis sebagai sarana membangun soft-skill mereka. Berikut adalah laporan salah satu kegiatan mereka, yaitu I-nite. Laporan telah melalui proses editing tanpa mengubah inti berita. -Pascal

I-nite merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahun oleh mahasiswa baru program studi Teknik Informatika UNPAR. Tahun ini, tepatnya pada tanggal 20 Februari 2016, I-nite 2015 yang disusun oleh angkatan 2015 ini bertema “Future World”. Future World menggambarkan bagaimana kita bisa mengubah dan membentuk masa depan yang lebih baik, di mana kita tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan bersama-sama.

Para tamu yang menghadiri acara ini pun beragam, mulai dari mahasiswa, alumni, hingga dosen. Meski pengurus I-Nite di tahun ini tidak terlalu banyak, akan tetapi acara tersebut tetap dapat terselenggara dengan baik dan menghasilkan sukses besar. Acara ini diisi oleh beberapa band yang dibentuk oleh mahasiswa-mahasiswa program studi Teknik Informatika dari berbagai angkatan. Band-band tersebut menampilkan berbagai macam jenis lagu, mulai dari musik pop hingga rock.

Tidak disangka, selain mahir dalam melakukan pemrograman, mahasiswa Teknik Informatika juga mempunyai banyak talenta. Selain itu, pada acara ini para tamu juga diajak untuk saling berinteraksi dan bermain games yang tidak kalah seru dengan band yang sudah ditampilkan. Selain band dan games, disuguhkan juga talk show yang dihadiri oleh alumni Teknik Informatika UNPAR serta mahasiswa senior.

Talk show ini diadakan untuk dapat membagi pengalaman-pengalaman para alumni serta senior kepada para mahasiswa, terutama mahasiswa baru. Dengan berbagi informasi dan pengalaman, mahasiswa akan mendapat pengetahuan mengenai skill-skill yang diperlukan ke depannya, seperti soft-skill dan keaktifan dalam berorganisasi. Mahasiswa diajak untuk menyadari apa yang bisa mereka perbaiki atau pelajari agar dapat mempersiapkan diri terhadap dunia kerja. Pada akhir acara, panitia menampilkan “Flash Mob” yang dibintangi oleh mahasiswa angkatan 2015 yang menjadi kejutan bagi tamu-tamu yang sudah datang, juga sebagai penutup untuk acara I-nite 2015 ini.

Dari seluruh rangkaian acara yang telah dilakukan, inti acara I-nite bukan terletak pada band-band maupun talk show-nya. Inti acara I-nite terletak pada momen dimana mahasiswa dapat memperdalam hubungan satu sama lain serta dosen. Sebuah acara di mana kita dapat saling berbagi, bercanda dan tertawa. Sesuai dengan tema kali ini, yaitu “Future World”, di mana kita dapat merasakan masa depan yang indah. Untuk mencapai masa depan yang demikian, kita harus bersatu, saling membantu, serta berusaha bersama-sama. Di mana kita tidak membeda-bedakan lagi berdasarkan angkatan, tetapi kita adalah satu, keluarga besar Teknik Informatika UNPAR.

by Matthew Ariel