Kerjasama

Program Studi teInformatika aktif melakukan kerja sama dengan beberapa organisasi/institusi dari luar. Informasi ringkas dari kerja sama tersebut diberikan di bawah ini.

Cisco Networking Academy

Tujuan diadakannya kerja sama dengan Cisco adalah agar para lulusan Jurusan Informatika UNPAR mendapatkan skill/keahlian di bidang administrasi jaringan komputer dan mendapatkan sertifikasi internasional di bidang ini.

Bentuk kerja sama yang dilakukan: Jurusan Informatika menyelenggarakan perkuliahan pilihan Administrasi Jaringan Komputer 1, 2, 3, dan 4 dengan materi yang ekivalen dengan materi sertifikasi CCNA level 1, 2, 3, dan 4. Para mahasiswa yang mengambil kuliah tersebut dan memenuhi syarat kelulusan yang telah ditetapkan, akan mendapatkan nilai matakuliah dan sertifikat CCNA level 1, 2, 3, atau 4 (sesuai dengan mata kuliah yang diambil) dari Cisco. Sertifikat ini telah diakui oleh perusahaan-perusahaan yang merekrut lulusan Informatika.

Oracle Academy

Tujuan diadakannya kerja sama dengan Oracle Academy adalah agar para lulusan Jurusan Informatika UNPAR mendapatkan skill/keahlian yang terkait dengan management basisdata dan mengikuti perkembangan teknologi, khususnya untuk produk yang dikeluarkan oleh Oracle, dan mendapatkan sertifikasi di bidang ini.

Kerja sama ini dirintis pada tahun 2016.  Kegiatan kerja sama dimulai dengan penyelenggaraan mata kuliah pilihan Java Fundamentals.  Para mahasiswa yang mengambil kuliah ini dan memenuhi syarat kelulusan yang telah ditetapkan, akan mendapatkan nilai pada matakuliah ini dan sertifikat dari Jurusan Informatika dan Oracle. Sertifikat dari Oracle sudah diakui oleh perusahaan-perusahaan yang merekrut lulusan Informatika.

Klikhotel.com

Mendirikan dan memiliki perusahaan di bidang e-commerce tentunya merupakan peluang pekerjaan bagi lulusan Jurusan Informatika UNPAR. Alumni Informatika UNPAR, Niko Ibrahim (bekerja sama dengan alumni dari Fakultas Ekonomi dan Teknik Kimia), telah sukses mendirikan dan mengembangkan Klikhotel sehingga saat ini Klikhotel menjadi salah satu perusahaan e-commerce penyedia kamar hotel yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Agar para mahasiswa Informatika UNPAR dapat belajar langsung dari enterpreneur yang sukses dalam membangun usaha e-commerce, kerjasama dengan Klikhotel dijalin oleh Jurusan.

Kerja sama sudah terjalin sejak tahun 2014. Pada perkuliahan Kewirausahaan Berbasis Teknologi, para mahasiswa melakukan kunjungan lapangan ke kantor Klikhotel. Selain itu, pendiri Klikhotel juga membagikan pengalaman dan ilmu mereka tentang bagaimana membangun usaha di bidang e-commerce. Program kerja sama ini akan terus dilanjutkan.

Bentuk kerja sama lain dengan Klikhotel adalah melakukan penelitian bersama melalui skema Hibah Bersaing yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Pada tahun 2014 dan 2015, dosen Informatika UNPAR dan Klikhotel melakukan penelitian bersama dengan judul Pengembangan Model Electronic Customer Relationship Management dengan Data Warehouse dan Data Mining, dimana empat mahasiswa/i angkatan 2010 dilibatkan. Hasil penelitian tersebut telah dimanfaatkan oleh Klikhotel dan dipublikasikan pada jurnal internasional. Kegiatan penelitian bersama ini juga terus dilanjutkan.

Own Games – CV Viriya Jaya

Pada pertengahan tahun 2016, masyarakat pecinta game di Indonesia dikejutkan dengan lahirnya game Tahu Bulat yang langsung meledak. Selain game ini, seperti diketahui para gamer, Own Games juga sudah memproduksi cukup banyak games yang populer. Namun yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah bahwa kakak beradik pendiri dan pemilik Own Games (Eldwin dan Jefyin Viriya) adalah alumni Jurusan Informatika UNPAR. Agar adik-adik kelas di Informatika UNPAR dapat belajar langsung dari enterpreneur yang sukses dalam membangun start up games, kerjasama dengan Own Games pastinya juga dijalin oleh Jurusan.

Kerja sama sudah terjalin sejak tahun 2014. Pada perkuliahan Kewirausahaan Berbasis Teknologi, Eldwin Viriya membagikan pengalaman dan ilmu mereka tentang bagaimana membangun start up games, mencari investor, strategi memasarkan games, dll. Program kerja sama ini terus dilanjutkan.

Pada tahun 2016, Informatika UNPAR dan Own Games merintis kerja-sama dalam pengembangan games. Salah satu ruang di laboratorium komputer Informatika UNPAR dijadikan laboratorium bersama (informasi lebih lengkap klik di sini). Para mahasiswa yang berminat mengembangkan aplikasi games akan dilatih/disiapkan oleh Own Games, kemudian dapat praktek langsung merancang dan memprogram aplikasi ini di bawah bimbingan Own Games di laboratorium bersama tersebut.

Blibli.com

Bekerja di perusahaan e-commerce ritel atau merintis usaha sendiri di bidang ini tentunya merupakan salah satu lapangan pekerjaan sarjana Informatika. Karena itu, agar para mahasiswa berkesempatan untuk magang pada perusahaan seperti ini, Jurusan Informatika menjalin kerja-sama dengan Blibli.com yang merupakan perusahaan ritel e-commerce ternama di Indonesia.

Kerjasama dengan Blibli.com terjalin sejak Oktober 2015. Kerja-sama diawali pada penyenggaraan perkuliahan Kewirausahaan Berbasis Teknologi, dimana Manajer HRD dan IT, mengisi perkuliahan dengan materi seputar bagaimana membangun usaha di bidang e-commerce. Setelah itu, kerja sama dilanjutkan dengan perekrutan beberapa mahasiswa/i  untuk mengerjakan projek pengembangan sistem e-commerce Blibli.com. Empat mahasiswa angkatan 2013 yang lolos proses perekrutan diberi tugas untuk mengembangkan modul-modul program pada sistem perekrutan pegawai Blibli.com secara online. Projek ini juga merupakan tugas keempat mahasiswa/i tersebut pada mata kuliah Projek Sistem Informasi 1 dan 2. Agar para mahasiwa dapat mengembangkan sistem yang dapat diintegrasikan dengan sistem e-commerce Blibli.com, pada Februari sampai April 2016, para mahasiswa diberi pelatihan beberapa kali, dimana trainer dari Blibli.com hadir di ruang kelas/lab komputer Informatika. Selain itu, pelatihan jarak jauh juga dilakukan dengan memanfaatkan Skype. Selanjutnya, pada semester pendek 2016 (Juni-Juli 2016) tim mahasiswa diundang untuk bekerja magang di kantor Blibli.com Jakarta. Selama magang, para mahasiswa/i memperdalam teknologi yang digunakan di Blibli.com maupun melanjutkan pekerjaan mereka. Setelah itu, tim mahasiswa terus melanjutkan pekerjaan mereka.

Kerja-sama dengan Blibli.com dengan skema dan kegiatan seperti di atas direncanakan bersifat menerus (sudah dituangkan pada dokumen MOU antara Blibli.com dan UNPAR).

Biro Teknologi Informasi UNPAR

Mengembangkan perangkat lunak untuk perusahaan/organisasi, atau yang dikenal dengan Sistem Informasi (SI), merupakan salah satu keahlian yang ditargetkan untuk dimiliki bagi lulusan Informatika UNPAR. Dengan memanfaatkan SI, organisasi dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, layanan maupun mengatur strategi untuk pengembangan yang lebih tepat sasaran. Pada mata kuliah Projek Sistem Informasi 1 dan 2, sebagian tim mahasiswa dilatih untuk mengerjakan projek pengembangan SI nyata. Untuk itu dibutuhkan kerja sama dengan Biro Teknologi Informasi (BTI) UNPAR, terutama untuk mendapatkan dukungan infrastruktur pusat data (server hosting SI setelah SI siap diluncurkan).

Sampai dengan Agustus 2016, SI yang sudah selesai dikembangkan oleh tim mahasiswa Informatika UNPAR dan mulai dimanfaatkan oleh penggunanya adalah:

  • Sistem Informasi Manajemen Umat Katoltik untuk Keuskupan Bandung: Digunakan oleh Keuskupan Bandung dan paroki-paroki yang tersebar di Bandung, Cimahi, Cirebon, Tasikmalaya, dll.
  • Sistem Informasi Basisdata Anggota Ordo Santa Ursula Indonesia: Digunakan oleh komunitas-komunitas biara Ordo Santa Ursula yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Timor Leste dan Pilipina.

Kerja sama dengan BTI UNPAR terus dilanjutkan untuk mendapatkan dukungan pada projek-projek lain yang sedang dan akan dikerjakan pada perkuliahan Projek Sistem Informasi 1 dan 2.

 

X