Kuliah Tamu Smart Cities 2.0

Pada tanggal 17 April 2017 yang lalu, Program Studi Teknik Informatika mengadakan kuliah tamu Smart Cities 2.0 yang diadakan oleh Prof. Jason Pomeroy dan Jorge Seperizza, dari Pomeroy Studio, Singapura. Prof. Jason membagikan pengalamannya mengunjungi 8 kota di berbagai belahan dunia, dalam rangka mempelajari dan membandingkan kota-kota tersebut dari sudut pandang kota pintar, atau smart cities.

Berdasarkan teorinya, Prof. Jason membagi tahapan kota pintar menjadi tiga. Smart Cities level 1, adalah kota di mana pemerintahnya secara aktif mendorong pemanfaatan teknologi untuk kesejahteraan warganya. Smart Cities level 2, di mana warga berperan aktif dalam berkontribusi bagi kemajuan kotanya. Smart Cities level 3, adalah di mana pemerintah dan warganya berkolaborasi secara aktif. Bandung sebagai salah satu dari 8 kota yang dikunjungi, masuk pada tahap 2.

Kuliah ini mayoritas dihadiri oleh mahasiswa dari prodi Teknik Informatika, ditambah beberapa mahasiswa dan dosen dari beberapa program studi lainnya.

Catatan: Pomeroy Academy mengadakan short course “Sustain & Retain” yang diadakan di Venice pada tanggal 11-15 September 2017. Biaya SGD 2.500,- per orang untuk kursus 5 hari oleh Prof. Jason dan berbagai ahli lainnya, tidak termasuk akomodasi dan transportasi. Terbuka untuk seluruh civitas UNPAR. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Mariskha di mariskha@unpar.ac.id. Silahkan juga lihat kedua poster ini untuk informasi tambahan:

by Pascal Alfadian Nugroho, photo by Vania Natali

Edit: menambahkan link ke brosur dan situs web resmi.

X