Lab Riset dan Pengembangan Own Games

Lab Own Games

Didirikan untuk memicu kolaborasi antara startup dengan institusi pendidikan untuk bersama-sama memajukan Industri Digital di Indonesia.

Dalam kegiatan Ulang Tahun Program Studi Teknik Informatika UNPAR yang ke-20 pada 7-8 September 2016, telah ditandatangani MoU antara Own Games dengan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) untuk mendirikan Laboratorium Riset dan Pengembangan yang berlokasi dalam kampus UNPAR.

Laboratorium ini didirikan untuk memicu semangat dan sekaligus memfasilitasi mahasiswa UNPAR untuk berkreasi dan membuat sesuatu meskipun masih duduk di bangku kuliah. Setiap semester, akan diadakan program magang dimana mahasiswa bisa menjadi bagian dalam tim pengembangan produk-produk Own Games yang akan diluncurkan dan digunakan oleh masyarakat luas. Produk-produk yang dikembangkan tidak hanya game, namun juga mencakup aplikasi mobile dan web. Dengan diadakannya program magang ini, diharapkan mahasiswa dapat merasakan pengalaman membangun sebuah produk yang digunakan oleh masyarakat luas sedini mungkin.

Menurut Eldwin Viriya, pendiri Own Games, kolaborasi adalah kunci utama apabila industri digital di Indonesia mau maju. Own Games merasa masih ada garis yang terputus antara kebutuhan pelaku bisnis (termasuk startup) dengan lulusan universitas. Dengan adanya kolaborasi dengan UNPAR, Own Games dapat berbagi manfaat sebanyak mungkin kepada para mahasiswa semenjak mereka masih kuliah. Harapan utama dari pendirian lab ini adalah untuk memicu inovasi dan minat mahasiswa untuk dapat berkarya dari ilmu yang mereka dapatkan selama mengikuti program magang ini, sehingga mereka dapat lebih siap untuk berkerja atau membangun startup mereka sendiri.

Pihak Program Studi Teknik Informatika sendiri berpendapat bahwa kerja sama ini dapat sangat memperkaya pendidikan mahasiswa Teknik Informatika. Dengan kerja sama ini, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan tentang game, yang benar-benar didapat dari industri game, terutama dari perusahaan game yang sangat inovatif seperti Own Games. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman bekerja magang, yang sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan para mahasiswa ini untuk memasuki dunia industri nanti setelah lulus. Diharapkan, kerja sama ini juga dapat memicu kegiatan riset dosen di bidang game, yang saat ini belum hidup.

Laboratorium Riset dan Pengembangan ini akan mulai beroperasi pada Oktober 2016 dan mulai melakukan penerimaan mahasiswa magang pada bulan November 2016.

by Eldwin Viriya & Mariskha Tri Adithia

Untuk melihat kerjasama lainnya, klik di sini.