Laboratorium Komputasi

 

Laboratorium Komputasi FTIS telah berdiri sejak tahun 2008. Laboratorium ini terdiri dari 6 ruangan, yang masing-masing memiliki fungsi khusus. Empat ruangan digunakan untuk perkuliahan/praktikum, dengan kapasitas 40, 45, 35 dan 35 komputer setiap ruangannya. Dua ruangan digunakan untuk keperluan skripsi mahasiswa dan penelitian dosen yang berisi masing-masing 10 komputer.

Laboratorium komputasi juga dapat digunakan untuk keperluan seminar, workshop maupun ujian masuk universitas. Untuk mendukung keperluan tersebut, terdapat 2 pasang ruangan yang sekat antar ruangannya dapat dibuka sehingga setiap pasang ruangan dapat berubah menjadi 1 ruang yang berukuran lebih besar.

Spesifikasi komputer yang berada di Labkomp adalah komputer Built-up dengan Brand HP, dengan Prosesor Intel i3, Ram 4 GB, harddisk 500 GB, dan VGA Card 1 GB. Keseluruhan komputer dilengkapi dengan monitor LED 22 inci. Seluruh komputer tersebut terhubung dengan switch berkecepatan 1 GBps, yang terhubung ke Biro Teknologi Informasi UNPAR melalui jalur fiber optik.

Untuk melayani kegiatan praktikum, perkuliahan, maupun kegiatan administrasi, laboratorium komputasi dilengkapi dengan 8 buah server khusus yang terdiri dari File Sharing, Print Sharing, e-learning, Login & Domain Controller. Seluruh warga FTIS dapat menggunakan layanan tersebut baik melalui komputer lab, maupun laptop pribadi yang terhubung secara wireless.

Laboratorium komputasi dikepalai oleh seorang Kepala Laboratorium, dan dibantu oleh beberapa administrator lab yang merupakan mahasiswa magang. Administrator lab bertugas melayani mahasiswa dan dosen, baik yang mengadakan kegiatan praktikum/kuliah di lab, maupun yang berada di ruangan kelas di sekitar FTIS. Total komputer yang dikelola oleh administrator lab berjumlah 200 buah.

Next Prev
 
16_2
15
Selasar
RuangKelas
LabSkripsi
1718_3
Next Prev
X