Mahasiswa dan Mahasiswi Teknik Informatika Membangun Sistem Informasi Manajemen Umat Keuskupan Bandung

Proses Pengembangan SIMU
Proses Pengembangan SIMU

Lulusan Teknik Informatika Unpar ditargetkan untuk dapat membangun aplikasi, situs web, maupun perangkat lunak sistem informasi untuk berbagai macam organisasi. Kita mungkin sudah sering mendengar dan memanfaatkan aplikasi dan situs web. Namun, jika tidak familiar dengan frase “Sistem Informasi”, Anda dapat mengetahuinya di https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi.

Pada semester ke 6 dan 7, terdapat mata kuliah Projek Sistem Informasi 1 dan 2 yang dapat ditempuh oleh mahasiswa. Pada mata kuliah ini, mahasiswa bekerja dalam tim. Setiap tim membangun perangkat lunak sistem informasi yang tertentu untuk organisasi atau perusahaan.

Tahun 2015, tim mahasiswa dengan anggota mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2012 (Sherly, Wilianto, Vincen, Hasan, Aldo dan Theo), membangun Sistem Informasi Manajemen Umat (SIMU) untuk Keuskupan Bandung. Sistem ini digunakan oleh paroki-paroki di lingkungan Keuskupan Bandung untuk mengelola organisasi Keuskupan dan data umat, merekam penerimaan sakramen-sakramen umat, serta membuat berbagai laporan. Ketika umat akan mendaftarkan diri untuk menerima sakramen, umat tidak perlu repot mengisi formulir karena dapat dicetak dari sistem. Setelah umat menerima sakramen, surat sakramen pun akan dibuat oleh sistem. Jika sampai surat ini hilang, umat dapat mengurus dengan cukup mudah karena semua data terekam di basisdata sistem. Selain itu, Keuskupan juga dapat selalu mendapatkan informasi terkini dari umat dan paroki, sehingga dapat merancang pelayanan pastoral bagi umat dengan lebih tepat.

SIMU secara resmi diluncurkan oleh Uskup Bandung Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, O.S.C pada tanggal 22 November 2015 dan dapat mulai diakses melalui internet serta digunakan oleh paroki-paroki yang tersebar di Bandung, Cimahi, Garut, Cirebon dan Tasikmalaya.

by Veronica Moertini