Mahasiswa Informatika Menjuarai Seleksi Mahasiswa Berprestasi UNPAR

Setiap tahun, Universitas Katolik Parahyangan(UNPAR) Bandung selalu berpartisipasi dalam seleksi mahasiswa berprestasi. Sebagai persiapan untuk mengikuti seleksi mahasiswa berprestasi pada tingkat yang lebih tinggi, yaitu tingkat rayon, kopertis, dan nasional, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) UNPAR mengadakan seleksi mahasiswa berprestasi tingkat UNPAR.

Mahasiswa-mahasiswa terbaik di setiap prodi berhak mengikuti seleksi ini. Pihak panitia akan memilih peserta terbaik berdasarkan prestasi akademik, kegiatan kemahasiswaan, kemampuan berbahasa Inggris, serta karya ilmiah dan presentasi. Pada tahun 2018 ini, mahasiswa yang terpilih sebagai mahasiswa berprestasi tingkat UNPAR adalah salah seorang mahasiswa Informatika, yaitu Emmanuel Yudhistira yang akrab dipanggil dengan Yudhis.

Yudhis dengan bimbingan dari Bapak Kristopher David Harjono menulis karya ilmiah dengan judul “Alat Bantu Navigasi Tunanetra dalam Ruangan Tertutup”. Melalui karya ilmiah ini, Yudhis memberikan ide untuk membuat suatu aplikasi berbasis smartphone yang dapat membantu penyandang tunanetra untuk dapat berjalan-jalan di ruangan tertutup, khususnya di mall. Ide dari karya ilmiah ini dikembangkan berdasarkan suatu konsep yang disebut dengan object instance recognition.

Konsep object instance recognition tersebut diterapkan pada smartphone untuk mengenali suatu logo dari toko yang terdapat di dalam mall. Karena logo dari suatu toko bersifat unik, maka jika nama toko berdasarkan logo tersebut diketahui, maka dapat diketahui pula lokasi dari toko tersebut di dalam mall. Selanjutnya, jika diketahui lokasi dari toko terdekat dari pemilik smartphone, maka dapat diketahui pula lokasi dari pemilik smartphone di dalam mall tersebut. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk membantu para penyandang tuna netra untuk berpindah dari suatu lokasi ke lokasi lainnya di dalam mall.

Setelah berhasil terplih menjadi mahasiswa berprestasi tingkat universitas, Yudhis selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat rayon di Kopertis Wilayah IV. Semoga Yudhis dapat terpilih menjadi wakil rayon untuk dapat mengikuti seleksi di tingkat yang lebih tinggi.

by Husnul Hakim