Daftar Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib

Seluruh mahasiswa wajib lulus mata kuliah yang masuk kategori ini.

SemesterNama Mata KuliahBeban Studi (SKS)
1Bahasa Inggris2
1Etika2
1Pendidikan Pancasila2
1Pemrograman Berorientasi Obyek
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa konsep dasar pemrograman seperti pengulangan dan percabangan, konsep dasar penyimpanan data kontigu menggunakan array, konsep dasar pemrograman berorientasi objek seperti kelas & objek, method, dll, termasuk di dalamnya 4 prinsip dasar pemrograman berorientasi objek : data abstraction, encapsulation, inheritance dan polymorphism. Selain, itu diberikan masalah-masalah komputasi sederhana yang harus diselesaikan menggunakan konsep-konsep yang sudah diperkenalkan dan mengimplementasikannya menggunakan bahasa pemrograman Java.
6
1Pengantar Informatika
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa terminologi dan konsep dasar yang akan banyak dipakai sepanjang kuliah di Teknik Informatika. Selain itu mata kuliah ini juga mempersiapkan dan membiasakan mahasiswa dengan suasana akademik yang khas perguruan tinggi seperti kedisiplinan, kerja sama, kemampuan menggunakan teknologi informasi dalam pembuatan tugas, kemampuan komunikasi, dsb.
3
1Matematika Diskrit
Mata kuliah ini merupakan salah satu cara untuk mencapai kompetensi dasar tentang matematika diskrit yang prinsipnya banyak digunakan dalam bidang ilmu komputer. Selain itu, kuliah ini juga merupakan cara untuk membentuk pola pikir logis yang dibutuhkan untuk menempuh kuliah-kuliah di tingkat yang lebih tinggi.
3
2Bahasa Indonesia 2
2Estetika 2
2Algoritma dan Struktur Data
Mata kuliah ini memperkenalkan berbagai algoritma dan teknik-teknik penyelesaian masalah komputasi seperti rekursif, sorting, teknik divide dan conquer, serta exhaustive search. Selain itu, pada kuliah ini juga dikenalkan berbagai struktur data yang dapat digunakan untuk mendukung penyelesaian masalah komputasi seperti ADT List, Stack dan Queue. Baik algoritma maupun struktur data yang dikenalkan harus dapat diimplementasikan dan digunakan oleh mahasiswa untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman berorientasi objek.
4
2Matematika Informatika 4
2Sistem Dijital
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang cara kerja komputer, dimulai dari representasi data dan berbagai macam operasinya. Selanjutnya, juga diperkenalkan bagaimana merepresentasikan suatu fungsi dalam rangkaian gerbang logika, dan bagaimana menyederhanakannya. Berbagai rangkaian dasar yang digunakan di dalam komputer juga dipekenalkan. Mahasiswa juga akan mempelajari komponen komputer, misalnya register dan memori.
3
2Logika Informatika
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang logika yang digunakan di dalam ilmu komputer. Dalam kuliah ini, mahasiswa belajar untuk bisa memodelkan suatu kalimat dalam kehidupan sehari-hari, ke dalam kalimat dengan sintaks tertentu, yang hanya memiliki satu arti. Lalu, diperkenalkan juga, bagaimana mengartikan suatu kalimat (benar atau salah) dan bagaimana menentukan sifat dari kalimat tersebut.
3
3Logika2
3Agama Katolik2
3Fenomenologi Agama2
3Probabilitas dan Statistika 3
3Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Mata kuliah ini memperkenalkan prinsip-prinsip yang digunakan dalam melakukan analisa serta desain program berorientasi objek. Di samping itu, mahasiswa juga belajar menggunakan kakas berupa diagram UML (Unified Modelling Language) sehingga dapat mengkomunikasikan desain secara visual. Mahasiswa juga akan mengenal beberapa software design pattern dari Gang of Four. Terakhir, mahasiswa akan belajar mengenai konsep MVC (Model-View-Controller) yang menjadi dasar dari banyak framework masa kini.
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Java, namun diusahakan tetap umum sehingga dapat diaplikasikan pada bahasa yang lain.
4
3Struktur Diskrit
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa konsep struktur diskrit yang digunakan pada bidang informatika diantaranya graph, pohon dan finite state machine
4
3Arsitektur dan Organisasi Komputer
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa arsitektur komputer sederhana, modern, dan advanced. Perbedaan, kelebihan dan kekurangan untuk masing-masing arsitektur.
Selain itu mahasiswa juga mempelajari cara kerja dari komponen-komponen komputer, terutama memory, cache, sistem bus dan input/output.
3
4Desain dan Analisis Algoritma
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa beberapa algoritma dan struktur data, alternatif cara implementasinya, dan analisis kompleksitas waktunya. Mahasiswa diberikan beberapa masalah komputasi yang harus diselesaikan dengan menggunakan algoritma atau struktur data yang sudah diperkenalkan dan mengimplementasikannya dalam bahasa pemrograman Java.
4
4Manajemen Informasi dan Basisdata
Mata kuliah ini memperkenalkan konsep dan arsitektur DBMS, mengajarkan aljabar relasional dan SQL serta pemanfaatannya pada pemrograman kueri sederhana s/d relatif kompleks. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan dan mempraktekkan perancangan basisdata untuk masalah sederhana (lingkup kecil) termasuk pengembangan program aplikasinya
4
4Sistem Operasi
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep sistem operasi, jenis-jenis sistem operasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan beberapa perangkat keras yang dibutuhkan pada komputer. Selain itu juga mempelajari mengenai teknik dan algoritma yang digunakan dalam pengelolaan sistem operasi.
4
4Rekayasa Perangkat Lunak
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa tahapan rekayasa perangkat lunak, terutama dengan paradigma berorientasi objek, dilengkapi dengan pengenalan tentang manajemen proyek perangkat lunak.
Selain, itu diberikan deskripsi proyek berskala kecil yang harus dikerjakan oleh mahasiswa dalam kelompok dengan menerapkan teori yang telah dipelajarinya.
4
4Interaksi Manusia Komputer
2
5Kewarganegaraan2
5Pengantar Sistem Cerdas
Mata kuliah ini mengajarkan konsep tentang sistem cerdas dan memberikan kesempatan untuk membangun komponen-komponen sistem cerdas dalam skala kecil. Materi yang diberikan mencakup teknik pencarian solusi baik secara deterministik maupun stokastik, teknik pemodelan pengetahuan dan penalaran, penanganan ketidakpastian dalam pengetahuan serta teknik pembelajaran mesin.
3
5Pengantar Sistem Informasi 3
5Jaringan Komputer
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa konsep dasar jaringan komputer dengan menggunakan top-down. Selain itu mengajarkan juga kepada mahasiswa mengenai aplikasi-aplikasi berbasis jaringan sehingga diharapkan mahasiswa dapat membuat aplikasi berbasis jaringan dengan menggunakan socket.
Pada akhirnya, mahasiswa akan ditugaskan untuk membangun jaringan komputer LAN, baik menggunakan kabel maupun nirkabel.
4
6Penulisan Ilmiah 2
6Proyek Sistem Informasi 1
Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperdalam konsep tentang pengembangan sistem informasi dan mempraktekkan analisis kebutuhan, analisis sistem dan perancangan sitem pada organisasi studi kasus;
3
6Proyek Informatika
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam mengerjakan proyek dengan teknologi-teknologi terkini, secara berkelompok.
Teknologi-teknologi yang digunakan pada kuliah ini tidak spesifik dan dapat berubah seiring perkembangan teknologi maupun disesuaikan dengan kompetensi dosen pengajar. Beberapa teknologi yang dapat dimanfaatkan antara lain: DVCS tool menggunakan Git + Github, Mobile native app (Android, iOS, dll), dan responsive web design.
6
7Skripsi 14
7Proyek Sistem Informasi 2
Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari Projek Sistem Informasi 1 dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan/mengembangkan perancangan sitem pada organisasi studi kasus, mengimplementasikan rancangan dan melakukan pengujian perangkat lunak;
3
7Komputer dan Masyarakat
1. Memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang kemunculan dan pemanfaatan teknologi baru, khususnya yang berkaitan dengan komputer, dan dampaknya terhadap masyarakat luas
2. Memberikan kesadaran dan panduan bersikap kepada mahasiswa dalam menghadapi gejolak yang disebabkan oleh munculnya teknologi baru, khususnya yang berkaitan dengan komputer.
2
8Etika Profesi 2
8Skripsi 26

Mata Kuliah Pilihan Wajib

Mahasiswa wajib lulus 4 dari mata kuliah dalam kategori ini.

Nama Mata KuliahBeban Studi (SKS)
Pemrograman Fungsional
Kuliah Pemrograman Fungsional bertujuan untuk:
* memperkenalkan paradigma pemrograman fungsional, yaitu sebuah pemrograman yang didasarkan pada konsep pemetaan dan fungsi matematika. Penyelesaian suatu masalah didasari atas aplikasi dari fungsi-fungsi tersebut.
* memberikan dasar-dasar pemrograman fungsional dengan menggunakan bahasa fungsional Haskell.
2
Keamanan Informasi
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan awal tentang keamanan informasi. Pada beberapa pertemuan awal, dibahas keamanan informasi secara matematis, yaitu di materi-materi seputar kriptografi dan serangannya. Lalu, dibahas pula konsep keamanan informasi pada jaringan komputer dan pada software.
2
Grafika Komputer
Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa konsep dasar pembuatan grafik dengan menggunakan komputer seperti mengenal berbagai algoritma pembuatan primitif 2 dimensi seperti titik, garis, lingkaran, elips, berbagai macam bentuk kurva, fraktal, konsep warna (RGB), dasar-dasar grafika 3 dimensi seperti pewarnaan, pencahayaan, pemberian tekstur pada objek, transformasi, animasi, dan sebagainya.
2
Pemrograman Basisdata
Kuliah ini merupakan kelanjutan dari kuliah Manajemen Informasi Basisdata. Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik pengelolaan basis data dan membuat program dengan basis data yang optimal/efisien.
2
Pemrograman Berbasis Web
Mata kuliah ini memperkenalkan konsep dan lingkungan pemrograman berbasis web, kemudian belajar membuat aplikasi berbasis web menggunakan HTML5, CSS, Java Script dan PHP. Untuk meningkatkan keterampilan pemrograman dilengkapi dengan praktikum. Sedangkan untuk mendapatkan pengalaman penerapan konsep diberikan tugas besar membuat program berbasis web dengan kasus yang ditentukan oleh mahasiswa.
2
Komputasi Paralel dan Terdistribusi
Mata kuliah ini memperkenalkan konsep-konsep dasar komputasi paralel, dimana sebuah program yang berjalan secara paralel harus memiliki safety property dan liveness property. Mahasiswa dikenalkan dengan beberapa teknik pemrograman multi-thread seperti lock, monitor, barrier, thread pool, dan sebagainya, yang diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java. Mahasiswa juga dikenalkan dengan beberapa metode untuk menganalisis kebenaran program baik secara matematis maupun secara praktis dengan bantuan model checker.
2
Desain Antarmuka Grafis2
Pemrograman Aplikasi Mobil
Mata kuliah ini memperkenalkan konsep perangkat mobile dan pemrograman pada perangkat mobile. Pemrograman dikhususkan pada lingkungan J2ME dan Android. Untuk meningkatkan keterampilan pemrograman dilengkapi dengan praktikum. Sedangkan untuk mendapatkan pengalaman penerapan konsep diberikan tugas implementasi suatu kasus pada lingkungan mobile-cloud dengan kasus yang sudah ditentukan.
2

Mata Kuliah Pilihan

Mahasiswa boleh mengambil mata kuliah dalam kategori ini, untuk mencapai syarat kelulusan 144 SKS. Dibukanya mata kuliah berbeda-beda setiap semester.

Nama Mata KuliahBeban Studi (Jumlah SKS)
Kerja Praktek 12
Topik Khusus Informatika 12
Topik Khusus Informatika 23
Topik Khusus Sistem Informasi 12
Topik Khusus Sistem Informasi 23
Machine Learning3
Algoritma Kriptografi3
Matematika Teknik3
Bioinformatika3
Pemodelan Formal3
Komputasi Geometri3
Administrasi Jaringan Komputer 13
Administrasi Jaringan Komputer 23
Pemrograman Kompetitif3
Pemodelan dan Simulasi3
Pengujian Perangkat Lunak2
Perancangan Permainan Komputer3
e-Commerce2
Verifikasi Formal3
Algoritma Genetika2
Jaringan Syaraf Tiruan2
Teori Bahasa dan Kompilasi2
Analisis Proses Bisnis2
Jaringan Komputer Lanjut3
Pemrograman Berbasis Web Lanjut3
Sistem dan Aplikasi Telematika3
Topik Khusus Informatika 33
Topik Khusus Informatika 42
Topik Khusus Sistem Informasi 33
Topik Khusus Sistem Informasi 42
Grafika Komputer Lanjut3
Bio-Inspired Computing3
Kecerdasan Buatan untuk Game3
Data Mining3
Kerja Praktek 23
Kerja Praktek 34
Administrasi Jaringan Komputer 33
Administrasi Jaringan Komputer 43
Matematika Kombinatorial3
Game Engine Programming3
Metode Numerik3
Kompresi Data3
Metode Optimisasi3
Pemrosesan Data Geografis3
Teknologi Mesin Pencari3
Pengolahan Citra3
Audit Sistem Informasi3
Pemrograman Lojik2
Business Intelligent3
Sistem Multi-Agen2
Sistem Pendukung Keputusan3
Enterprise Architecture & IS Strategy3
Technopreneurship3
IT Audit & Control3
Administrasi Basisdata3
Knowledge Management3
Information Search & Retrieval2
Business Process Management2
Jaringan Nirkabel3
Sistem Enterprais2
Teknologi Middleware3
Sistem Terdistribusi3
Teknologi Multimedia3
Web Services3
Pemrograman Jaringan2
Pemrograman Linear3
Dunia Digital dan Sains : Suatu Pengantar2
Akuntansi Keuangan Dasar 12
Akuntansi Keuangan Dasar 22
Pengantar Bisnis3
Manajemen3

Prasyarat Mata Kuliah

Beberapa mata kuliah memiliki prasyarat, yang digambarkan pada diagram berikut (klik untuk memperbesar).

Pohon Kurikulum

X