Medali Perak dan Perunggu di UPC 2016

(cross posted dari artikel ini di web Prodi Fisika)

whatsapp-image-2017-01-25-at-1-20-51-pmPrestasi internasional membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswi Fisika, Matematika dan Teknik Informatika UNPAR. Satu medali perak, dua medali perunggu dan satu accomplished competitor berhasil diraih oleh mereka dalam ajang University Physics Competition (UPC) 2016. Medali perak berhasil diraih oleh Dini Widiana (Fisika 2015), Glenn Reysan (Teknik Informatika 2015) dan Antonius Marcel (Matematika 2013) yang tergabung dalam satu tim. Medali perunggu dimenangkan oleh tim yang terdiri dari Devi Handevi (Teknik Informatika 2013), Meutia Wulansatiti Nursanto (Fisika 2013), Elwin (Matematika 2014) serta tim yang beranggotakan Maria Gabriella Hadinata (Matematika 2015), Delvydo Melvernaldo (Fisika 2016), Liem Jonathan D. (Matematika 2015). Tim yang terdiri dari Muhammad Arifin Dobson (Fisika 2014), Edward Kevin (Matematika 2015) dan Arvin Cansius (Matematika 2013) mendapatkan accomplished competitor.

Dalam perlombaan UPC ini para peserta diharuskan untuk memilih salah satu dari dua persoalan yang bersifat open problem. Peserta diberikan waktu 48 jam untuk menganalisis persoalan yang dipilih dan mempresentasikannya dalam bentuk makalah/paper. Dalam persoalan pertama UPC 2016, peserta ditantang untuk membandingkan dua alternatif cara pembuangan limbah nuklir, yakni dengan mengirimkan limbah nuklir ke sabuk asteroid atau menjatuhkannya ke dalam matahari. Jika memilih persoalan kedua, peserta harus mengembangkan model yang dapat menjelaskan ukuran dari organisme. Model ini akan diuji dengan membandingkan ukuran dari dinosaurus terbesar dengan mamalia terbesar. Dua tim dari UNPAR memilih persoalan pertama dan dua tim lainnya memilih persoalan kedua.

Prestasi yang dicapai ini mengulangi prestasi tahun lalu, di mana dari dua tim dari UNPAR yang mengikuti UPC 2015, satu tim mendapatkan medali perak dan satu tim lainnya mendapatkan medali perunggu. Selamat kepada tim yang berhasil meraih prestasi di UPC 2016. Semoga tahun depan berhasil meraih hasil lebih baik lagi.

by Reinard Primulando & Pascal Alfadian Nugroho