Mengenal Informatika melalui Index 2018

Tidak dapat dipungkiri, bidang ilmu Informatika merupakan bidang ilmu yang terus berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat. Sayangnya, banyak orang yang salah kaprah tentang bidang ilmu ini. Sebagian orang menganggap bahwa bidang ilmu informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik mengedit video, gambar, atau tentang cara mereparasi komputer dan ponsel. Padahal, bidang ilmu informatika adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang pemecahan berbagai permasalahan dengan membuat program komputer atau perangkat lunak. Dengan kata lain, seorang informatikawan adalah seorang yang mampu membuat perangkat lunak komputer untuk membantu manusia menyelesaikan berbagai permasalahan. Melihat hal ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPSTIF) UNPAR menyelenggarakan suatu pameran untuk memperkenalkan bidang ilmu informatika. Pameran yang baru diselenggarakan pertama kalinya ini, diberi nama Index 2018.

Pada Index 2018 yang diselenggarakan pada 2 Maret 2018 di Lobby Rektorat UNPAR ini, ada dua jenis karya yang dipamerkan oleh HMPSTIF, yaitu poster skripsi dan perangkat lunak. Sebanyak dua belas poster skripsi yang dipamerkan menarik minat banyak pengunjung karena dapat memperkenalkan beberapa bidang kajian yang terdapat di dalam Informatika, seperti algoritma, keamanan informasi, pemrograman aplikasi bergerak, sistem cerdas, dan lain-lain. Untuk dapat dipamerkan di dalam Index 2018, poster skripsi yang telah dibuat oleh peserta mata kuliah skripsi dipilih oleh para dosen Informatika. Dari pemilihan tersebut, kemudian diperolehlah dua belas poster terbaik. Sementara itu, perangkat lunak dipilih oleh para pengurus HMPSTIF yang menjadi panitia Index. Karya-karya yang berupa perangkat lunak ini merupakan hasil karya mahasiswa dari pengerjaan skripsi dan tugas besar berbagai mata kuliah.


Karya-karya perangkat lunak yang ditampilkan pada Index 2018 antara lain adalah Virtual Piano, Calcudoku, Permainan Catur Jawa, serta perangkat lunak untuk menyembunyikan suatu pesan rahasia melalui media gambar. Karya-karya ini adalah hasil dari pengerjaan tugas besar dari beberapa mata kuliah di Informatika UNPAR, seperti Desain Antarmuka Grafis dan Jaringan Komputer, serta hasil pengerjaan skripsi. Perangkat-perangkat lunak ini menarik perhatian pengunjung karena dapat langsung dicoba dan digunakan oleh para pengunjung.

Melalui pameran ini, diharapkan agar bidang ilmu informatika dapat dikenal dengan lebih baik oleh masyarakat luas. Selain itu, diharapkan juga agar mahasiswa Informatika UNPAR lebih bersemangat dalam menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

by Husnul Hakim