Pengantar Kurikulum

Dasar Hukum

Kurikulum program studi Teknik Informatika 2013 disusun dengan berlandaskan pada Peraturan Perundang‐undangan :

  • Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 66 tahun 2010 tentang Perubahan PP 17 tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
  • Peraturan Presiden RI Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  • Peraturan Pemerintah RI Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional indonesia Bidang Pendidikan Tinggi.
  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  • Surat Edaran Dirjen Dikti Depdikbud RI No. 914/E/T/2011 tentang Penyelenggaraan Perkuliahan Pancasila di Perguruan Tinggi.
  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tahun 2000 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232 Tahun 2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Rujukan Kurikulum

Bahan referensi/rujukan yang digunakan untuk menyusun Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :

  • Kurikulum 2008 Teknik Informatika UNPAR dan hasil assesment lapangan pada saat visitasi tahun 2010
  • Computer Science Curricula 2013 (Ironman version) – The Joint Task Force on Computing Curricula : Association for Computing Machinery (ACM) & IEEE Computer Society
  • Panduan Penyusunan Kurikulum Rumpun Ilmu Informatika 2008 – APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer) Indonesia

Body of Knowledge

Cakupan bidang ilmu/body of knowledge di Kurikulum 2013 program studi Teknik Informatika UNPAR:

  1. Algoritma dan Pemrograman
  2. Struktur Diskret dan Matematika Dasar
  3. Sistem Komputer
  4. Manajemen Informasi
  5. Sistem Cerdas
  6. Rekayasa Perangkat Lunak
  7. Visualisasi dan interaksi manusia komputer
  8. Isu Profesional dan Sosial Kemasyarakatan

Struktur Kurikulum

Mata kuliah terdiri dari 3 jenis :

  1. Mata kuliah wajib terdiri dari mata kuliah wajib prodi (90 SKS/25-26 mata kuliah) dan mata kuliah wajib institusi/mata kuliah umum (16 SKS/8 mata kuliah). Materi dari mata kuliah wajib merupakan materi-materi dasar yang harus dikuasai oleh seorang sarjana informatika, sehingga memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan keilmuan dan teknologi di dunia informatika.
  2. Mata kuliah pilihan khusus/ pilihan wajib terdiri dari 8 mata kuliah dengan praktikum (@2 SKS) yang materinya dipandang penting dan relevan dengan kekinian di dunia informatika. Sebagai syarat kelulusan, mahasiswa minimal sudah lulus 4 mata kuliah pilihan khusus .
  3. Mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minatnya masing-masing. Banyaknya SKS yang harus dipenuhi mahasiswa untuk lulus adalah 30 SKS, sehingga lulusan memiliki wawasan yang cukup luas dan kemampuan teknis yang memadai sebagai seorang sarjana Informatika. Bobot yang cukup besar ini membuka peluang untuk pembelajaran yang terkait teknologi di dunia informatika dengan penekanan pada sisi teknis yang memadai.

Pengelompokkan Mata kuliah

Kurikulum Teknik Informatika 2013 terdiri atas kelompok mata kuliah sesuai KepMenDikNas No. 232/U/2000:

  1. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, kepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kamsyarakatan dan kebangsaan.
  2. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.
  3. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  4. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  5. Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

Daftar Mata Kuliah

Klik di sini untuk melihat daftar mata kuliah.

X