Pengantar Kurikulum

Mahasiswa: Lihat Dokumen Lengkap Kurikulum 2018 di sini

Pendahuluan

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan informatika yang sangat pesat telah membawa pengaruh pada dunia keinformatikaan saat ini. Penerapan informatika di berbagai bidang kehidupan memunculkan profesi-profesi baru yang menuntut kompetensi khusus. Kebutuhan dunia kerja akan sumber daya manusia yang kompeten pada bidang informatika semakin meningkat.

Situasi yang dihadapi di atas menjadi tantangan bagi program studi Teknik Informatika UNPAR untuk dapat menghasilkan kurikulum yang dapat mendukung proses pembelajaran sehingga menghasilkan lulusan yang mampu memenuhi tuntutan pengguna lulusan dan mampu bersaing dengan lulusan program studi sejenis. Sejak didirikan pada tahun 1996, Program Studi Teknik Informatika UNPAR telah melakukan perubahan kurikulum sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 2003, 2008, dan 2013. Perubahan kurikulum yang dilakukan setiap lima tahun merupakan tanggapan atas perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal need), serta kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder need).

Penyusunan Kurikulum 2018 berpegang pada prinsip bahwa kurikulum yang baik adalah kurikulum yang tidak hanya kokoh, secara teoretis konseptual dapat dipertanggungjawabkan, namun juga secara praktis dapat dilaksanakan. Selain itu kurikulum juga harus cukup fleksibel agar dapat mengakomodasi perubahan-perubahan, namun tanpa kehilangan ciri atau kekhasan dari program studi.

Dalam penyusunan Kurikulum 2018 Program Studi Teknik Informatika secara khusus juga memperhatikan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden no 8 tahun 2012. KKNI merupakan pernyataan kualitas SDM Indonesia, di mana tolok ukur kualifikasinya ditetapkan berdasarkan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang dimilikinya.

Rujukan Kurikulum

Bahan referensi/rujukan yang digunakan untuk menyusun Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :

  • Hasil evaluasi Kurikulum 2013 Teknik Informatika UNPAR
  • Computer Science Curricula 2013 (Ironman version) – The Joint Task Force on Computing Curricula : Association for Computing Machinery (ACM) & IEEE Computer Society
  • Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Rumpun Ilmu informatika dan Komputer, yang disusun oleh APTIKOM, 11 Oktober 2015

Bahan Kajian

Bahan Kajian di Kurikulum 2018 program studi Teknik Informatika UNPAR adalah sebagai berikut:

  1. Algoritma dan Pemrograman
  2. Matematika dan Statistika
  3. Sistem Cerdas
  4. Rekayasa Perangkat Lunak
  5. Arsitektur Komputer
  6. Sistem Terdistribusi
  7. Sistem Informasi
  8. Kecakapan Hidup dan Pembangunan Soft-skill
  9. Pembentukan Karakter

Struktur Kurikulum

Secara umum, terdapat 4 jenis mata kuliah pada Kurikulum 2018, yaitu mata kuliah wajib, pilihan, pilihan wajib, dan sertifikasi.

Mata Kuliah Wajib

Mata kuliah wajib terdiri dari 100 SKS mata kuliah wajib prodi, dan 14 SKS mata kuliah umum dari universitas. Materi dari mata kuliah wajib merupakan materi-materi dasar yang harus dikuasai oleh seorang sarjana informatika, sehingga memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan keilmuan dan teknologi di dunia informatika.

Mata Kuliah Pilihan Wajib

Pada Kurikulum 2018 ini, terdapat 3 jalur mata kuliah pilihan wajib, yaitu mata kuliah jalur pendidikan agama, jalur proyek, dan jalur proyek akhir. Mahasiswa harus memilih salah satu mata kuliah dari tiap jalur sebagai syarat kelulusan sarjananya.

Mata Kuliah Pilihan

Mata kuliah pilihan adalah mata kuliah yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minatnya masing-masing. Banyaknya SKS yang harus dipenuhi mahasiswa untuk lulus adalah 30 SKS, sehingga lulusan memiliki wawasan yang cukup luas dan kemampuan teknis yang memadai sebagai seorang sarjana Informatika. Bobot yang cukup besar ini membuka peluang untuk pembelajaran yang terkait teknologi di dunia informatika dengan penekanan pada sisi teknis yang memadai.

Kuliah Sertifikasi

Kuliah Sertifikasi adalah mahasiswa akan mendapatkan sertifikat,  setelah lulus dari kuliah tersebut. Kuliah jenis ini diadakan atas kerja sama program studi dengan perusahaan bidang teknologi tertentu, yang reputasi dikenal secara nasional maupun internasional. Kuliah sertifikasi yang disediakan pada Kurikulum 2018 adalah

  1. Administrasi Jaringan Komputer
  2. Internet of Things
  3. Dasar-dasar Java
  4. Perancangan dan Pemrograman Basis Data

Jalur Bidang Ilmu

Pada Kurikulum 2018 ini, mahasiswa dapat memilih jalur untuk membangun spesialisasi di bidang ilmu tertentu. Jalur ini disebut jalur bidang ilmu, di mana masing-masing jalur terdiri atas berbagai kuliah pilihan.  Jalur yang diperkenalkan pada Kurikulum 2018 ini adalah sebagai berikut:

  • Analisis Data dan Big Data
  • Pembangunan Perangkat Lunak Game
  • Sistem Informasi
  • Keamanan Informasi
  • Pemodelan dan Optimisasi
  • Pengolahan Media Informasi

Kerja Praktek

Untuk menjadi lebih dekat dengan industri, maka pada Kurikulum 2018 disediakan Mata Kuliah Kerja Praktek dengan total kredit sebesar 14 SKS. Mata Kuliah Kerja Praktek ini terbagi menjadi Mata Kuliah Kerja Praktek 1 sampai dengan 4 dengan rincian sebagai berikut:

  • Kerja Praktek 1 dengan beban 2 SKS
  • Kerja Praktek 2 dengan beban 3 SKS
  • Kerja Praktek 3 dengan beban 4 SKS
  • Kerja Praktek 4 dengan beban 5 SKS

Jalur Proyek Akhir

Hal lain yang membedakan Kurikulum 2018 dengan kurikulum sebelumnya adalah adanya dua jalur proyek akhir. Kedua proyek akhir ini adalah:

  • Tugas akhir, yang bersifat lebih aplikatif dan dikerjakan di perusahaan.
  • Skripsi, yang lebih teoretis dan dikerjakan di kampus.