Pengantar Kurikulum

Sejak didirikan pada tahun 1996, Informatika UNPAR telah menghasilkan lulusan yang bekerja di berbagai bidang, misalnya sebagai pengembang perangkat lunak di berbagai perusahaan e-commerce, pengembang software dan sistem informasi untuk bank, ritel, industri, BUMN. Selain itu, lulusan dari Informatika UNPAR juga menjadi teknopreneur di bidang teknologi informasi. Sebagian lulusan juga melanjutkan studi ke jenjang magister/master maupun doktor baik di dalam negeri maupun di luar negeri seperti Belanda, Singapura, Inggris, Kanada dan Australia.

Setiap lima tahun sekali, Informatika UNPAR memperbarui kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan para pengguna lulusan dan menyesuaikan dengan perkembangan IT yang cepat. Kurikulum 2018 ini disusun berdasarkan masukan-masukan  para pengguna lulusan, hasil evaluasi kurikulum lama, pengalaman para dosen dalam mengajar dan mempraktekkan ilmu bagi masyarakat, serta hasil penelitian para dosen dalam mengeksplorasi berbagai teknologi dan ilmu terkini maupun dalam mengembangkan sistem-sistem dan teknik-teknik baru.

Tujuan umum pada Kurikulum 2018 adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai dasar dan karakter yang baik, mempunyai kompetensi tinggi di bidang informatika maupun dalam aspek soft skills-nya. Agar para lulusan tetap dapat diterima dan berprestasi pada berbagai bidang pekerjaan di atas, menjadi teknopreneur yang sukses maupun berhasil menempun studi lanjut, beberapa prinsip yang digunakan pada penyusunan kurikulum ini adalah:

  1. Ilmu dasar bidang Informatika yang kuat;
  2. Dasar pemrograman dengan pendekatan object-oriented, terstruktur dan campuran yang kuat;
  3. Pemrograman pada berbagai platform (untuk lingkungan web-based, mobile, non-web dan sistem tersebar untuk big data) yang up-to-date dan dibutuhkan dunia kerja;
  4. Program/jalur pilihan dan mata kuliah pilihan pada beberapa sub-bidang/jalur Informatika untuk memfasilitasi pemilihan sub-bidang yang sesuai minat dan talenta mahasiswa dan juga membekali lulusan agar dapat bekerja di bidang spesifik yang diminati;
  5. Pemberian kesempatan magang kerja yang memadai baik melalui magang di perusahaan maupun pelibatan mahasiswa dalam mengerjakan projek nyata pada matakuliah;
  6. Pengembangan kemampuan melakukan penelitian pada mata kuliah;
  7. Pengembangan softskill mahasiswa yang didalamnya mencakup kemampuan menulis, kemampuan presentasi, dan kemampuan bekerja sama dalam tim;
  8. Pengembangan karakter berdasar Spiritualitas dan Nilai Dasar Unpar (SINDU) (klik di sini).

Berdasar prinsip-prinsip di atas, setiap mahasiswa Informatika UNPAR diwajibkan untuk menempuh kelompok matakuliah ilmu dasar (poin 1), pemrograman (poin 2),  pemrograman pada platform tertentu (poin 3), dan pengembangan karakter (poin 7 dan 8)

Berdasarkan data, profesi data scientist saat ini dan pada masa mendatang akan banyak dibutuhkan. Untuk merealisasikan prinsip pada poin 4, 5 dan 6 dan menjawab kebutuhan ini, mulai tahun 2019, Informatika UNPAR menawarkan dua program, yaitu Computing Science dan Data Science.

Computing Science

Program ini mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki spesialisasi di bidang informatika secara umum. Mahasiswa juga dapat memperdalam ilmu dan kemampuannya di bidang-bidang khusus seperti Sistem Cerdas, Pembangunan Perangkat Lunak Game, Keamanan Informasi, Sistem Informasi, dan Pemrosesan Multimedia.

Lulusan dari program Computing Science diarahkan untuk menjadi :

  • Software Developer
  • Profesional di bidang IT
  • Technopreneur
  • Mahasiswa studi lanjut ke jenjang magister

Data Science

Program ini mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di industri sebagai data scientist/data engineer yang mampu bekerja dalam mengelola maupun menganalisis big data maupun non big data. Dengan demikian lulusan ditargetkan untuk memiliki kemampuan mengelola data, memahami, menyiapkan dan menganalisis data, serta mempresentasikan dan mendokumentasikan hasil analisis dengan baik dan menarik. Untuk itu mahasiswa perlu memiliki keahlian di bidang-bidang yang mendukung tugasnya kelak. Beberapa contoh mata kuliah pada program ini adalah Statistika, Sistem Kecerdasan Bisnis, Data Mining, Analisis Big Data, serta Basis Data dan Pemrograman SQL untuk Big Data. Pada proses pembelajaran akan digunakan berbagai tool yang juga digunakan oleh industri seperti Hadoop, Python, dan R.  (Informasi lebih lengkap mengenai Program Data Science, klik di sini.)

Lulusan dari program studi Data Science diarahkan untuk menjadi:

  • Data Scientist
  • Data Engineer
  • Mahasiswa studi lanjut ke jenjang magister

Keunggulan Lainnya

Beberapa hal-hal penting lainnya untuk merealisasikan prinsip-prinsip penyusunan kurikulum pada poin 1 sampai dengan  8 di atas, yang juga merupakan keunikan dan/atau keunggulan pada Kurikulum 2018 Informatika UNPAR, adalah sebagai berikut.

Kerja praktek/magang kerja

Untuk memfasilitasi agar  mahasiswa memiliki pengalaman kerja nyata di industri bidang tertentu, pada Kurikulum 2018 disediakan beberapa mata kuliah pilihan Kerja Praktek. Mata kuliah Kerja Praktek ini mencakup 10 % dari jumlah SKS yang dibutuhkan mahasiswa untuk lulus.

Sertifikasi

Untuk merealisasikan prinsip pada poin (3) dan (4), Informatika UNPAR bekerja sama dengan entitas-entitas industri terkemuka seperti Cisco dan Oracle dalam menyelenggarakan mata kuliah-mata kuliah sertifikasi. Contoh sertifikasi-sertifikasi yang dapat diambil oleh mahasiswa di Informatika UNPAR adalah sertifikasi Computer Network Administration, sertifikasi Internet of Things, dan sertifikasi-sertifikasi lain.

Pemrograman

Untuk menghasilkan lulusan dengan skill yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja pada saat ini dan masa depan, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan dasar bidang Informatika yang kuat serta tools yang digunakan di dunia industri. Contoh-contoh tools yang digunakan dalam mata-mata kuliah di Informatika UNPAR adalah bahasa Java, bahasa Python, bahasa R, berbagai Database Management System, Hadoop, Scala, dan lain-lain.

Skripsi dan Tugas Akhir

Mahasiswa dapat memilih jalur tugas akhir dan juga jalur skripsi di akhir perkuliahannya.

  1. Tugas Akhir: Tugas Akhir merupakan projek akhir yang bersifat aplikatif dan untuk industri tertentu. Mahasiwa yang memilih Tugas Akhir akan mengerjakan projek (pengembangan perangkat lunak atau sistem informasi) berdasarkan spesifikasi yang langsung diberikan oleh pihak industri. Pembimbingan peserta Tugas Akhir diberikan oleh pembimbing dari perusahaan tersebut dan dari dosen Informatika UNPAR
  2. Skripsi: Skripsi merupakan projek akhir yang merupakan projek penelitian dengan topik di bidang tertentu. Mahasiswa mengerjakan Skripsi di bawah bimbingan dari dosen-dosen pembimbingnya yang dapat berasal dari Informatika UNPAR maupun dari jurusan lain (pembimbing dari jurusan lain biasanya dibutuhkan bila topik penelitian yang dikerjakan mahasiswa merupakan proyek penelitian multi disiplin).