Persiapan USA Bebras® Computing Challenge 2018

I know the answer, Miss…!! I know the answer…!!

Demikianlah secuplik pekik keceriaan anak-anak SD ketika mengikuti persiapan untuk menghadapi USA Bebras Computing Challenge 2018, sebuah kompetisi Computational Thinking internasional untuk siswa/i sekolah dasar dan menengah yang diadakan bulan November ini.

Program Studi Teknik Informatika (Prodi IF) UNPAR sebagai salah satu biro resmi di bawah naungan Bebras Indonesia, bekerja sama dengan KodeKiddo Bandung, mengadakan pelatihan untuk mempersiapkan para siswa/i usia SD-SMA untuk menghadapi USA Bebras Computing Challenge 2018. KodeKiddo adalah tempat belajar coding (pemrograman) bagi siswa/i usia sekolah.

Persiapan USA Bebras Computing Challenge ini dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2018 di Kampus UNPAR Ciumbuleuit. Persiapan yang dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pembahasan soal-soal Computational Thinking ini dilakukan dalam dua sesi dimana masing-masing sesi dilakukan selama dua jam. Sesi pertama diikuti oleh siswa/i SD dari BPK Penabur International School. Sesi ini didampingi oleh dua orang dosen dari Prodi IF UNPAR dan beberapa guru pengajar dari KodeKiddo.

Sesi kedua diikuti oleh siswa/i SD, SMP, dan SMA yang berasal dari beraneka ragam sekolah, yang seluruhnya adalah anggota dari KodeKiddo. Sesi kedua ini dilakukan secara paralel pada tiga ruang yang berbeda untuk tiap jenjang pendidikan. Sesi ini didampingi oleh lima orang dosen dan tiga orang mahasiswa Prodi IF UNPAR dan beberapa guru pendamping dari KodeKiddo. Beberapa orang tua para siswa/i pun tertarik untuk mengentahui mengenai pelatihan ini, sehingga ikut menyaksikan acara pelatihan tersebut.

Sebagian besar dari peserta pelatihan ini adalah siswa/i dari sekolah internasional yang tentunya lebih terbiasa berbicara dan menyelesaikan soal-soal berbahasa Inggris. Karena faktor bahasa itulah, para siswa/i tersebut tidak mengikuti Bebras Challenge yang diselenggarakan dari Bebras Indonesia. Sesi-sesi pelatihan tersebut juga disampaikan dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Indonesia.

Setiap sesi diawali dengan pengantar singkat mengenai Bebras Challenge. Para peserta tampak begitu antusias mengerjakan soal-soal Bebras Challenge karena soal-soal tersebut sudah dirancang sedemikian rupa dengan tampilan visual yang menarik. Sesi diakhiri dengan pembagian goodie bag dari Prodi IF UNPAR dan foto bersama yang tentunya menambah keceriaan anak-anak.

Semoga seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti Bebras Challenge dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan. Good luck, friends!!

by Vania Natali