Profil Alumni: Eldwin Viriya

Eldwin Viriya
Eldwin Viriya

Melanjutkan studi di bidang Teknik Informatika dapat melengkapi skillset yang dimiliki seseorang untuk menjadi technopreneur. Hal itulah yang dirasakan oleh Eldwin Viriya, salah satu alumni Program Studi Teknik Informatika Universitas Katolik Parahyangan.

Eldwin memiliki hobi menggambar sejak kecil. Sejak SMP, Eldwin mulai menggemari komputer atas kemampuan program-program komputer yang dapat menyalurkan hobinya menggambar. Setelah lulus SMA, jurusan desain grafis merupakan pilihan yang sangat menarik, namun pada akhirnya Eldwin memutuskan untuk mengambil jurusan Teknik Informatika. “Sudah diterima di jurusan DKV di Singapura, namun setelah dipelajari lagi jurusan Teknik Informatika terlihat sangat menarik bagi saya. Sehingga akhirnya saya pilih Teknik Informatika saja,” tutur Eldwin.

Terdaftar sebagai angkatan 2007 di Teknik Informatika UNPAR, Eldwin mulai menjalani program perkuliahan. “Awalnya memang terasa agak berbeda. Kalau biasanya pakai program untuk menggambar, di bangku kuliah jadi pakai program untuk bikin program lagi. Namun seiring waktu saya mulai terbiasa dan malah lebih sering pakai komputer untuk membuat program daripada menggambar,” ucapnya sambil tertawa. Perkuliahan di Teknik Informatika Unpar terasa menyenangkan menurutnya. Kegiatan belajar yang menarik dan diimbangi dengan kegiatan-kegiatan seru dari himpunan mahasiswa membuatnya dapat melalui tahun-tahun perkuliahan yang menyenangkan dan bermanfaat.

Setelah lulus, Eldwin memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan pengembang game bernama Own Games. Pada awalnya Own Games hanya dikerjakan oleh Eldwin sendiri. “Saya dengar dari teman bahwa membuat game di browser dapat menghasilkan uang. Maka di waktu luang saya mulai mencicil mengerjakan game. Kebetulan skillset-nya sudah ada, gambar bisa, bikin program juga bisa,” kata Eldwin sambil menunjukkan “Tako Jump” game paling pertama yang dibuatnya setelah lulus kuliah. Seiring waktu, game-game yang dibuat oleh Eldwin semakin kompleks. Eldwin-pun mulai mengajak adiknya yang masih SMA untuk belajar membuat program dan game. Own Games-pun mulai tumbuh, beragam penghargaan dari dalam dan luar negeri seperti INAICTA dan AppCampus Award sudah diraih olehnya.

Somemon: Game Terbaru dari Own-Games
Somemon: Game Terbaru dari Own-Games

“Perjalanan Own Games dipenuhi dengan keberuntungan. Kalau saya dulu tidak ambil jurusan Informatika, mungkin Own Games tidak pernah dimulai. Kalau di masa-masa awalnya tidak ada pihak ketiga, seperti Nokia, yang sangat mendukung, mungkin kami tidak akan pernah mencapai lebih dari 5 juta download hingga sekarang. Jadi saya sangat bersyukur kami bisa sampai di posisi ini saat ini,” ucap Eldwin ketika ditanya apa hal yang paling berkesan selama membangun Own Games. “Rasa syukur tersebut kami salurkan juga terhadap keinginan kami untuk terus belajar. Dari tahun lalu Own Games mempelajari lagi bisnis game smartphone yang berbeda dengan bisnis game feature phone yang dulu sudah kami dalami. Hal-hal yang kami pelajari tersebut akan kami praktikkan dalam game terbaru kami yang akan muncul Maret tahun ini, yaitu SOMEMON atau Social Media Monster,” lanjutnya.

Baiklah, terimakasih banyak atas sesi wawancaranya. Semoga sukses untuk SOMEMON dan Own Games!

by Eldwin Viriya & Pascal Alfadian Nugroho