Profil Alumni: Luis Handy

luishandy

Pada profil alumni kali ini, kita akan berkenalan dengan Luis Handy. Handy adalah alumni Prodi Teknik Informatika Universitas Katolik Parahyangan (IF UNPAR) angkatan 2003 (saat itu bernama Jurusan Ilmu Komputer), dan sekarang bekerja sebagai Lead System Engineer di Starhub Ltd, Singapura. Starhub adalah salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Singapura (setara Indosat di Indonesia). Berikut adalah profil beliau, seperti diceritakan via email kepada editor (melalui proses editing tanpa mengubah maksud).

Melihat kembali karir saya semuanya berawal dari pintu kesempatan yang diberikan oleh almamater saya IF UNPAR. Berawal dari kunjungan Himpunan Mahasiswa Prodi IF UNPAR (HMJIK pada saat itu) ke salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia Hewlett Packard (HP) di akhir tahun ke-3 perkuliahan saya. HP menawarkan program kerja magang (internship) selama 6 bulan dan IF UNPAR mendapat kesempatan eksklusif mengisi angkatan pertama program ini. Namun saya akhirnya memutuskan ikut serta pada gelombang selanjutnya (angkatan ke-2) setelah menyelesaikan seluruh SKS dan hanya menyisakan skripsi di semester ke-8. Pengalaman menjadi admin perpustakaan UNPAR dan asisten beberapa mata kuliah membantu saya mendapatkan kesempatan untuk kerja magang di HP. Sungguh menyenangkan bagaimana IF UNPAR mempersiapkan kurikulum yang memungkinkan saya menyelesaikan studi tepat waktu dilengkapi pengalaman kerja selama 6 bulan yang tentunya memberikan nilai tambah tersendiri.

Selama kerja magang, saya mempelajari teknologi IT (Information Technology) terkini pada saat itu yang menjadikan saya duta teknologi HP. Saya langsung mendapatkan tawaran pekerjaan di HP setelah saya wisuda tahun 2007 sebagai trainer untuk pelanggan, teknisi dan tenaga penjual Hewlett Packard.

Awal tahun 2009 saya mendapatkan tawaran pekerjaan di HP Singapore untuk mendukung salah satuk proyek “Billing System & CRM” di StarHub (perusahaan telekomunikasi terbesar ke 2 di Singapura). tahun ini saya menjalani tahun ke-8 karir profesional di Singapura. Studi yang saya jalani bukan sekedar memberikan ilmu namun membuka pintu kesempatan yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Terima kasih untuk dosen dan himpunan mahasiswa yang terus membangun jaringan.

by Luis Handy & Pascal Alfadian Nugroho

X