Seminar Internal Claudio Fransiscus

p_20170329_130237_p

Pada tanggal 29 Maret 2017, telah diadakan seminar internal Prodi Teknik Informatika. Kali ini, salah seorang dosen Teknik Informatika yang bernama Claudio Franciscus, mempresentasikan topik yang berjudul “Text-to-speech Dalam Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Syllable Concatenation”. Topik ini menceritakan bagaimana membuat program komputer yang dapat mengucapkan apa yang dijadikan sebagai input.

Di awal presentasi, Claudio menceritakan bahwa topik ini adalah tesis yang dikerjakan semasa mengambil kuliah pascasarjana di Teknik Informatika ITB beberapa tahun lalu. Topik ini sebenarnya adalah pengembangan dari tesis yang telah dilakukan sebelumnya oleh rekan mahasiswa lain, sehingga hasil output dari program menjadi lebih natural, tidak seperti robot yang berbicara. Claudio mengakui, bahwa topik ini cukup sulit, terutama pada saat mengubah sebuah kata dalam bahasa Indonesia, sehingga dapat dipotong untuk dijadikan input ke dalam program. Claudio mengakui perlu menyesuaikan aturan Bahasa Indonesia yaitu Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), agar dapat mengatasi masalah memotong kata menjadi suku kata yang dapat diolah oleh program.

Di akhir presentasi, Claudio mendemokan program yang telah dibuatnya untuk beberapa contoh kata. Hasilnya membuat peserta seminar yang adalah mahasiswa dan beberapa guru dari SMA di Bandung terkagum-kagum. Komputer dapat mengucapkan dengan baik, apa yang telah ditulis sebagai input kepada program. Dengan adanya seminar ini, semoga dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa ke depannya untuk memilih topik sejenis.

by Chandra Wijaya

X