Sharing Kegiatan Abdimas Dosen

Masih di bulan Juli 2017, dosen Informatika Dr. Ir. Veronica Sri Moertini, MT mengadakan seminar internal, yang memaparkan proses pembangunan sistem informasi untuk pelabuhan PT Pelindo II.

Ibu Veronica mengawali presentasi dengan menjelaskan secara umum tentang Pelindo II dan cabang-cabangnya. Seminar dilanjutkan dengan penjelasan berbagai macam fasilitas sipil pelabuhan yang dikelola oleh tiap cabang. Menariknya, dalam presentasi yang dipenuhi dengan visualisasi fasilitas pelabuhan (dermaga, lapangan penumpukan, dll) yang ukurannya sangat luas, peserta seminar  juga diperkenalkan dengan istilah-istilah baru seperti bollard, fender, dan sebagainya.

Sistem informasi yang dibangun dinamakan IDSS (Information and Decision Support System), yang fungsinya adalah untuk mengelola data visual (peta, denah, dan kondisi fasilitas), proses pemeliharaan fasilitas sipil pelabuhan. IDSS dapat diakses oleh para pengguna di seluruh cabang Pelindo II dengan browser Internet melalui jaringan WAN Pelindo II.

Salah satu hal yang penting dalam sistem ini adalah kemampuannya menampilkan denah dermaga dengan tingkat ketajaman yang tinggi pada browser Internet. Untuk keperluan ini, denah tersebut harus disimpan dalam format gambar vektor. Format berkas SVG (Scalable Vector Graphics) dipilih sebagai format yang digunakan. Salah satu tantangan yang harus dikerjakan tim pembangun adalah mengkonversi format AutoCAD (perangkat lunak untuk merancang denah) ke format SVG itu sendiri, termasuk dalam menyimpan atribut-atribut objek yang ada, seperti nama fasilitas, tanggal terakhir inspeksi, dan lain-lain.

Pada akhirnya, dalam seminar ini Ibu Veronica mendemokan sistem yang telah dikembangkan. Denah berbagai fasilitas pelabuhan yang ditampilkan dapat diperbesar dengan skala yang cukup besar sehingga informasi detail tertampil jelas. Selain itu, informasi detail tentang objek-objek pada denah (misalnya bollard, fender, dll) juga dapat diakses secara interaktif, hanya dengan meng-klik objek di layar.

by Pascal Alfadian Nugroho & Veronica Sri Moertini

X