Sistem Informasi Ordo Santa Ursula Indonesia

Suasana Pelatihan OSU
Suasana Pelatihan OSU

Dengan telah selesai dikembangkannya Sistem Informasi Basis Data Anggota Ordo Santa Ursula Provinsi Indonesia (Sibas OSU), pada Selasa 9 Agustus 2016 Program Studi Teknik Informatika UNPAR bekerjasama dengan Biro Teknologi Informasi mengadakan pelatihan bagi para pengguna Sistem  Informasi Basis Data Anggota Ordo Santa Ursula Provinsi Indonesia (OSU). Pelatihan tersebut dilakukan di Laboratorium Komputer Teknik Informatika.

Sibas OSU dikembangkan oleh Tim Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika angkatan 2013 (Alvin Irawan, Kevin Antonius, Steven Haryanto dan I. David Yulianus) pada perkuliahan Projek Sistem Informasi 1 dan 2. Dalam mengembangkan Sibas OSU, tim mahasiswa dibimbing oleh software developer Christyan Junaidy dan dosen mata kuliah Projek Sistem Informasi 1 dan 2.

Berikut ini deskripsi ringkas dari sistem:

Sibas OSU merupakan sistem informasi berbasis cloud yang dapat diakses oleh para penggunanya melalui Internet dan akan dimanfaatkan oleh komunitas-komunitas OSU yang tersebar di wilayah Indonesia, Timor Leste dan Filipina.  Fitur-fitur utama dari Sibas OSU a.l. adalah fitur untuk mengelola data komunitas, data para biarawati beserta karya-karya layanan mereka, dan fitur pembuatan berbagai laporan untuk OSU.

Tujuan pelatihan di atas adalah untuk melatih para pengguna Sibas OSU agar mampu menggunakan fitur-fitur yang tersedia, sehingga kelak dapat memanfaatkan Sibas OSU dengan lancar. Pelatihan diikuti oleh 33 suster biarawati anggota OSU, yang berasal dari Bandung, Cisantana, Sukabumi, Jakarta, Solo, Madiun, Malang, Surabaya, Ende dan Manado. Pelatihan berikutnya diagendakan untuk para calon/kader pelatih, di provinsial OSU, jalan WR. Supratman No.1 Bandung. Para kader pelatih ini nantinya akan memberikan pelatihan bagi para peserta yang berasal dari Papua, Ambon, Sulawesi, Bali, NTT, dan Timor Leste di Labuan Bajo, Flores, pada bulan November 2016.

Kegiatan pengembangan dan pelatihan Sibas OSU merupakan wujud dari Tridharma Unpar dan Jurusan Teknik Informatika di bidang pengabdian kepada masyarakat. Kerja-sama UNPAR dan OSU untuk pengembangan, hosting dan pemeliharaan Sibas OSU telah tertuang dalam dokumen Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama tahun 2016-2021.

by Rosa de Lima & Veronica Moertini