Testimoni Alumni: Fredy Mulyadi

Ferdy MulyadiProgram Studi Teknik Informatika UNPAR (IF UNPAR), menurut saya adalah tempat terbaik untuk menuntut ilmu menjadi Sarjana Teknik Informatika (S.T.) , karena selama saya belajar di IF UNPAR, saya banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan juga pengetahuan seputar teknologi informasi dan komunikasi.

Dosen-dosennya pun menurut saya berkualitas, mereka memberikan pengajaran sampai saya dan teman-teman menjadi bisa  dan tentunya didukung dengan tempat kuliah yang bersih dan nyaman.

Sebagai mahasiswa IF, kita tidak akan pernah luput dari kegiatan komputerisasi. Maka dari itu, laboratorium komputer disediakan untuk mahasiswa, dengan puluhan komputer yang cepat, siap untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan berbagai macam tugas dan tentunya untuk aktivitas perkuliahan.

Saat ini saya bekerja sebagai staf teknologi informasi dengan spesialisasi jaringan data center dan cabang di salah satu bank swasta di Indonesia. Ilmu-ilmu yang diajarkan sewaktu kuliah ternyata terpakai di tempat kerja saya, mulai dari dasar-dasar jaringan komputer sampai analisis problem terkait jaringan komputer, semua terpakai.  Saat masih kuliah, saya juga mengambil kuliah pilihan Administrasi Jaringan Komputer (AJK) yang diadakan atas kerja sama program studi dan CISCO. Kuliah pilihan ini semakin memperkaya pengetahuan saya tentang jaringan komputer dan sangat membantu saya dalam melakukan pekerjaan saya sekarang.

Bekal akademik maupun non-akademik, saya dapatkan di sini. Selain kegiatan perkuliahan, juga bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPSTIF) untuk mempertajam soft skill. Karena pada jaman sekarang tidak hanya hard skill yang diperlukan, namun soft-skill juga perlu, seperti kepemimpinan, public speaking, kemampuan mempresentasikan suatu hal, keaktifan saya dalam kegiatan-kegiatan HMPSTIF sangat berguna. Di sana, saya belajar bekerja dalam tim, belajar membuat suatu acara bersama, belajar mengkoordinir suatu acara, belajar berbicara di depan umum, belajar presentasi, dan banyak lagi. Kemampuan-kemampuan ini juga sangat diperlukan di dunia kerja.

Saya mendapatkan pelajaran yang lengkap di IF UNPAR, dari sisi hard-skill dan juga soft-skill yang berguna untuk saya. Semoga IF UNPAR semakin maju dan terdepan dalam ‘mencetak’ sarjana-sarjana Teknik Tnformatika yang berkualitas dan handal.

by Ferdy Mulyadi (IF 2008)

X