Testimoni Alumni: Mohamad Fahrizal Septrianto

Empat Tahun menjadi mahasiswa Informatika (IF) UNPAR, banyak cerita, pengalaman, dan pelajaran berharga yang didapat. Tidak hanya mematangkan ilmu dan hard-skill saja, IF UNPAR juga berperan besar dalam pembentukan diri menjadi pribadi yang lebih baik dengan disiplin tinggi, sikap sopan, menumbuhkan rasa optimis, rasa humor, empati dan kemampuan berkolaborasi serta bernegosiasi yang didapat secara tidak langsung.

Pembelajarannya tidak hanya berlangsung di dalam kelas saja, tetapi di luar kelas kita juga bisa berdiskusi dengan para dosen. Saat berdiskusi, para dosen sangat antusias dan bersemangat dalam membahas materi mata kuliah di kampus atau hal lain di luar itu.

Hal yang sangat bisa dirasakan manfaatnya dan juga sangat menarik selama berkuliah di IF UNPAR adalah ilmu dan hard-skill yang di dapat selama di kelas. Ilmu dan hard-skill tersebut dapat langsung diterapkan dan direalisasikan ketika bergabung dengan organisasi – organisasi kemahasiswaan seperti LKM (Lembaga Kepresidenan Mahasiswa) dan himpunan program studi yang melibatkan saya dalam pembuatan proyek – proyek informatika/sistem informasi, hingga menjadi panitia dalam suatu acara yang melibatkan beberapa pihak luar.

Selain itu, para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bisa melakukan internship di perusahaan – perusahaan yang bergerak dalam industri IT seperti misalnya Blibli.com (PT Global Digital Niaga). Selain mendapatkan penghasilan sendiri, kami juga mendapatkan pelatihan dan praktek langsung sebagai software developer, mengerjakan fitur – fitur pada sistem e-commerce yang sudah beroperasi/berjalan, hingga membuat suatu projek baru yang nantinya bisa diintegrasikan dengan sistem e-commerce yang sudah ada. Satu tahun internship di Blibli.com merupakan pengalaman yang sangat berharga sebagai pengenalan terhadap dunia kerja, mulai dari belajar beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan hingga mencocokkan ilmu pengetahuan yang di dapat di kelas dengan yang digunakan pada dunia industri IT saat ini.

Terima kasih IF UNPAR yang telah memberikan bekal yang cukup untuk bisa bersaing di dunia industri IT masa kini. Semoga IF terus menjadi yang lebih baik dan terdepan.

by Veronica Moertini & Claudio Franciscus