Testimoni Alumni: Sherly

sherlyBagi kami para mahasiswa, kami sering bercerita tentang besarnya effort yang dibutuhkan dalam mengikuti mata kuliah yang ada di Jurusan Teknik Informatika (IF) UNPAR. Namun, dari tugas-tugas yang diberikan saya juga mempelajari bahwa dengan adanya usaha yang keras maka akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Selama 4 tahun kuliah di IF UNPAR, saya mempelajari banyak hal. Tadinya saya sangka sebagai seorang anak teknik, nantinya saya hanya cukup mendalami hard-skill saja, seperti materi-materi pemograman yang diberikan dalam perkuliahan. Namun ternyata, walaupun untuk seorang anak teknik hard-skill saja tidak akan cukup. Dari pengetahuan yang diberikan oleh para senior dan dosen, mereka mengajarkan bahwa untuk dapat bertahan dalam dunia kerja nantinya, ternyata juga membutuhkan pengetahuan lainnya, seperti dalam pembuatan dokumentasi yang dapat dimengerti oleh berbagai pengguna dan soft-skill seperti cara berkomunikasi, cara berorganisasi, dan kerja sama dalam tim. Soft-skill tersebut juga saya dapatkan selama perkuliahan saya di UNPAR, seperti ketika menjabat sebagai panitia di beberapa event, ketika mengerjakan tugas atau proyek yang melibatkan banyak pihak.

Hal lain saya senangi dari perkuliahan di UNPAR yaitu menyediakan lowongan magang bagi mahasiswa yang masih mengikuti perkuliahan. Dari pengalaman magang tersebut, mahasiswa dapat mendapatkan penghasilan sendiri, dan mempelajari soft-skill dan pembagian waktu antara magang dan kuliah.

Menurut saya, perkuliahan di IF UNPAR sudah ditunjang dengan fasilitas yang cukup memadai. Yang paling berkesan bagi saya adalah sistem FRS online yang sangat mempermudah mahasiswa dalam melakukan perwalian, khususnya bagi mahasiswa rantauan seperti saya yang sering kesulitan untuk hadir dalam masa perwalian. Selain itu, yang saya banggakan dari IF UNPAR adalah fasilitas laboratorium komputer FTIS yang dapat digunakan kapan saja disaat mahasiswa membutuhkannya, dengan admin yang bersedia membantu.

Namun, karena FTIS tidak memiliki gedung sendiri, kami seringkali kesulitan mencari tempat yang sesuai untuk mengerjakan tugas. Biasanya, kami akan berkumpul di Gedung 10 lantai 3. Tapi kadang-kadang ada UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa -red) atau jurusan lain yang juga menggunakannya, sehingga kami tidak dapat menggunakannya dengan leluasa. Selain itu, ada satu hal yang masih disayangkan yaitu jumlah dosen yang mengajar di Jurusan Informatika UNPAR belum banyak, sehingga mata kuliah pilihan yang dibuka juga terbatas. Walaupun demikian, secara keseluruhan dosen-dosen yang mengajar di IF UNPAR sudah sangat bagus. Mereka tidak hanya mengajar materi kuliah, namun juga sering memberikan sharing mengenai pengalaman mereka di dunia kerja. Selain itu, melalui perkuliahan yang diberikan, kami juga dituntut untuk belajar bertanggung jawab, mendisiplinkan diri, dan belajar mengatur pembagian waktu antara kuliah dan bermain.

by Sherly & Veronica Moertini

X