Testimoni Alumni: Wilianto Indrawan

Wilianto Indrawan
Wilianto Indrawan

Selama 4 tahun berkuliah di Jurusan Teknik Informatika (IF) UNPAR banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilalui. Mulai dari kegiatan akademik dan non akademik. Kegiatan akademik yang dilakukan seperti kuliah di kelas, praktikum dan responsi. Sedangkan untuk kegiatan non akademik, saya lebih banyak terlibat di kegiatan organisasi seperti himpunan dan juga Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM).

Untuk kegiatan akademik, banyak hal-hal menarik yang didapatkan selama saya mengikutinya. Materi-materi yang diberikan selama kuliah juga sifatnya fundamental, sehingga saya dapat membangun pondasi yang cukup kuat sebagai seorang lulusan IF. Contoh materi yang fundamental tersebut misalnya algoritma, pemecahan masalah, design pattern, perancangan basis data, dsb. Materi-materi ini saya rasa sangat berharga untuk menjadi bekal setelah lulus mengingat perkembangan IT yang sangat cepat, karena dengan memiliki pondasi yang kuat, saya tidak akan kesulitan mempelajari ilmu dan teknologi baru.

Salah satu mata kuliah yang paling berkesan dan paling saya senangi adalah Proyek Sistem Informasi. Kebetulan pada saat kuliah, saya mendapatkan proyek nyata yaitu projek pembangunan Sistem Informasi Manajemen Umat untuk Keuskupan Bandung. Ketika menempuh mata kuliah ini saya banyak belajar, mulai dari cara menggali kebutuhan dari client, bekerja sama dalam tim, mengatur waktu dalam mengerjakan projek agar dapat selesai tepat waktu, belajar menyelesaikan konflik yang muncul di dalam tim, presentasi kepada client, dsb. Pada kuliah ini, ilmu-ilmu yang dipelajari di kelas menjadi benar-benar terlihat implementasinya di dunia nyata. Semoga ke depannya lebih diperbanyak lagi projek-projek nyata yang melibatkan mahasiswa seperti ini.

Namun harus diakui ada hal-hal yang menurut saya perlu dikembangkan di IF UNPAR, yaitu wadah bagi mahasiswa atau dosen untuk menunjukan hasil-hasil karyanya. Wadah-wadah yang dapat dibentuk antara lain berupa repositori karya-karya dosen dan mahasiswa yang dapat diakses oleh kalangan sendiri. Dengan demikian, para mahasiswa dapat lebih terpacu untuk berkarya dan belajar juga dari karya-karya yang sudah dibuat sebelumnya baik oleh mahasiswa maupun dosen. Hal lainnya yang dirasa masih kurang adalah pengenalan teknologi-teknologi terkini yang banyak digunakan di dunia pekerjaan seperti framework atau tool-tool lainnya. Memang teknologi seperti ini berkembang sangat cepat dan beragam, tapi setidaknya ada beberapa yang perlu diketahui atau dikuasai oleh mahasiswa sebelum lulus, sehingga mereka tidak kaget ketika mulai memasuki dunia kerja dan harus menggunakan berbagai framework dan tool.

by Wilianto Indrawan & Veronica Moertini

X