Tim BPK1-10 Keluar Sebagai Juara CHIPS 2018

Next Prev
Next Prev

SMA BPK Penabur 1 Bandung kembali menorehkan prestasi di ajang CHIPS, kompetisi bertemakan informatika yang diadakan oleh Program Studi Teknik Informatika UNPAR. Tim BPK1-10 menjadi juara pertama, diikuti dengan Tim BPK1-4 dari sekolah yang sama di urutan kedua. Urutan ketiga ditempati oleh tim SMA Trimulia Bandung. Ketiga tim ini mengalahkan puluhan tim lain yang bertanding pada kompetisi ini.

Pada babak final yang menjadi penentu kemenangan, ketiga tim diminta untuk menentukan strategi terbaik dalam memainkan sebuah permainan mengambil keripik (chips) dari beberapa buah tumpukan. Walaupun tidak membutuhkan kemampuan pemrograman, kemampuan berpikir komputasional (computational thinking) sangat membantu dalam menemukan solusi terbaik.

Babak final ini merupakan babak akhir dari tahap sebelumnya, yaitu tahap semifinal. Tahap semifinal menyaring 6 tim terbaik menjadi 3 tim pada babak final. Menariknya, pada babak semifinal tim BPK1-10 berada pada urutan terakhir dari ketiga tim yang terpilih maju ke babak final.

Tahap semifinal sendiri didahului dengan babak perempat final, yang mengundang 37 tim terpilih dari seluruh Indonesia, termasuk salah satu yang terjauh dari SMA PLUS N 17 Palembang. Babak perempat final dilaksanakan dalam bentuk mengerjakan soal pilihan berganda, mirip dengan babak penyisihan yang dilakukan secara daring (online).

Demikianlah rangkaian acara CHIPS 2018 yang dilaksanakan pada 7 dan 8 November 2018. Panitia juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor: Bukalapak, Airy Rooms, Bridge Technology Services, Own Games, dan Microsoft. Sampai bertemu pada CHIPS berikutnya!

by Pascal Alfadian Nugroho