Tim IF UNPAR Berprestasi di ACM ICPC Singapore

Tim WWW foto bersama nomer meja mereka
Tim WWW foto bersama nomer meja mereka

Tim mahasiswa Jurusan Informatika UNPAR menorehkan prestasi di ajang kompetisi pemrograman tingkat Asia. Digawangi oleh 3 mahasiswa, Samuel Halimanto, Adrian Aldo Bagaskara, dan Antonius, tim yang bernama Wild Wombat Warrior (WWW) ini berhasil meraih posisi ke-30 dalam babak final 2015 ACM ICPC (International Collegiate Programming Contest) Asia Singapore Regional Site di NUS. Ini berarti tim WWW Jurusan Teknik Informatika berhasil mencapai peringkat 4 terbaik di antara tim Indonesia, setelah 2 tim Universitas Indonesia (peringkat 6 dan 18) dan 1 tim Institut Teknologi Bandung (peringkat 24). Dengan prestasi ini, di bawah bimbingan Joanna Helga, Msc, Tim WWW juga berhasil menjadi tim peringkat satu di antara tim-tim universitas swasta di Indonesia.

Kompetisi ACM ICPC adalah kompetisi yang berjenjang, dimulai dari tingkat nasional, regional, hingga dunia. Suatu tim dapat dikirimkan langsung untuk mengikuti kompetisi ACM ICPC tingkat regional, maupun melalui beberapa jenjang penyisihan sebelumnya. Peringkat 1 tingkat regional berhak mengikuti babak final, yaitu tingkat internasional. Untuk mendapatkan peringkat 1 regional, sebuah tim diperbolehkan untuk mengikuti kompetisi regional di lebih dari satu lokasi.

Kompetisi ACM ICPC Asia Singapore adalah kompetisi tingkat regional terakhir untuk menuju final. Yang artinya banyak tim kuat, yang menduduki peringkat 2-5, mengikuti kompetisi ini. Tim WWW terbukti mampu bersaing dengan tim-tim kuat ini dari seluruh Asia.

by Mariskha Tri Adithia and Joanna Helga

X