Tim Kompetisi Pemrograman IF UNPAR di PIC 2016

Tim UNPAR dalam PIC 2016Tim kompetisi pemrograman Teknik Informatika UNPAR kembali mengikuti kompetisi dengan hasil yang sangat memuaskan. Kali ini, tim yang dilatih oleh Joanna Helga, M.Sc ini berkompetisi dalam Petra Informatics Competition (PIC) 2016. PIC yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Petra ini merupakan International Collegiate Programming Contest (ICPC) tingkat provinsial. ICPC sendiri adalah kompetisi pemrograman antar-universitas yang diselenggarakan di bawah Association for Computing Machinery (ACM).

PIC 2016 terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan online dan babak final. Pada babak penyisihan online yang diselenggarakan pada 3 September 2016, tiga dari tiga tim kompetisi pemrograman Teknik Informatika UNPAR yaitu tim Smoking Wombat, Sad Life, dan Hey Life berhasil masuk ke peringkat 20 besar sehingga berhak untuk mengikuti babak final. Dengan hasil tersebut, Teknik Informatika UNPAR menjadi prodi dengan tim terbanyak yang lolos ke final.

Pada babak final yang diadakan pada tanggal 1 Oktober 2016 lalu, tim Smoking Wombat yang anggotanya adalah Keenan A. Leman (angkatan 2014), Albert (angkatan 2014), dan Cornelius David H (angkatan 2015), Hey Life yang anggotanya adalah Raymond Nagawijaya, Thoby, dan Mathew Ariel (semuanya angkatan 2015) serta tim Sad Life yang anggotanya adalah Henry Wijaya, Edrick Ezra Z, dan Emmanuel Yudhistira (semuanya angkatan 2015) bersaing bersama tim-tim dari universitas ternama lainnya. Setelah bertanding untuk menyelesaikan 10 permasalahan dalam 5 jam, Smoking Wombat berhasil menempati peringkat 8 dengan berhasil menyelesaikan 6 permasalahan. Tim Sad Life berhasil menyelesaikan 5 permasalahan dan menempati peringkat 9. Sementara itu, tim Hey Life menempati peringkat 12.

Dengan hasil yang sangat baik ini, diharapkan agar tim kompetisi pemrograman Teknik Informatika UNPAR dapat terus berlatih dengan giat sehingga terus dapat berprestasi di berbagai kompetisi bergengsi lainnya.

by Husnul Hakim

X