Visi dan Misi

Visi

Visi Jurusan Informatika UNPAR adalah:

Menjadi komunitas akademik yang unggul di bidang informatika, yang memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, berintegritas tinggi, serta mampu menjadi pembelajar seumur hidup (lifelong learners), untuk mengembangkan potensi lokal pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia.

Adapun penjelasan tentang beberapa istilah yang muncul pada visi program studi adalah sebagai berikut:

  1. Informatika dimengerti sebagai suatu ilmu yang mempelajari penyelesaian masalah dengan memanfaatkan teknik komputasi dan teknologi informasi.
  2. Potensi lokal adalah kekuatan, keunggulan, keunikan asli (indigenous) yang terkandung di bumi Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.
  3. Tataran internasional mempunyai arti bahwa komunitas akademik yang diinginkan adalah komunitas akademik yang menghasilkan sumber daya manusia yang berwawasan luas, memiliki daya saing, serta mampu berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi juga pada tingkat internasional.
  4. Martabat manusia merupakan suatu hal fundamental yang dimiliki manusia dalam menghargai dan menghormati keutuhan manusia, yang terdiri atas rasa, rasio, raga, dan rukun. Manusia yang bermartabat adalah manusia yang dalam setiap tindakannya senantiasa menggunakan jalinan keempat hal berikut :
  • Kepekaan perasaan: Kepekaan perasaan manusia berarti manusia tersebut peka terhadap nilai-nilai kejujuran, keadilan, kehendak baik, keterbukaan, rasa memiliki, kesedehanaan, tanpa pamrih, kegigihan, kesetiaan, kasih kepada sesama, pengorbanan, pengabdian, serta keberpihakan kepada yang tersisih
  • Kemampuan akal: Kemampuan akal manusia berarti manusia mampu menggunakan metode berpikir deduktif (dari umum ke khusus), dan induktif (dari khusus ke umum) secara dialektis, serta mengaitkan fakta masa lalu dan masa sekarang dengan potensi masa depan, untuk mencari, menemukan, dan mengkomunikasikan kebenaran.
  • Keterampilan fisik: Keterampilan fisik manusia berarti manusia terampil dalam menggunakan kemampuan ragawinya untuk mewujudkan jalinan hasil kegiatan perasaan dan akalnya, di dalam kerukunan dengan sesama untuk memberikan kontribusi kepada sesamanya.
  • Kerukunan dengan sesama manusia: Kerukunan manusia berarti manusia memelihara kerukunan melalui jaringan kerjasama (networking), kebersamaan, kerja tim (team work), dialog, dan inklusivisme.
Misi

Misi Jurusan Informatika merupakan penjabaran penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam upaya mewujudkan visi Jurusan Informatika yang diturunkan dari visi Universitas Katolik Parahyangan.

Misi Jurusan Informatika Unpar adalah secara berkesinambungan dan berdasarkan nilai-nilai moral, etika, dan standar akademik yang tinggi melaksanakan:

  1. Proses pembelajaran di bidang informatika, khususnya di bidang computing dan Data Science, untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik yang tinggi, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, mampu berkomunikasi yang efektif, berintegritas tinggi, serta mampu menjadi pembelajar seumur hidup (lifelong learners), dengan menggunakan kurikulum yang terkini.
  2. Penelitian di bidang informatika, khususnya di bidang computing dan Data Science, untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu tinggi serta berkontribusi pada pengembangan ilmu bagi masyarakat nasional dan internasional dengan berupaya menggali potensi lokal.
  3. Pengabdian kepada masyarakat, khususnya di bidang computing dan Data Science, dengan berkontribusi untuk memajukan masyarakat, melalui peningkatan pengetahuan dan kemampuan di bidang informatika, dan penguatan organisasi-organisasi dengan pemanfaatan teknologi informasi.
Capaian Pembelajaran

Struktur perkuliahan jurusan Informatika UNPAR dirancang sesuai dengan standar internasional berbasis capaian pembelajaran.  Informatika UNPAR memiliki 8 capaian pembelajaran, yaitu :

Kode Capaian Pembelajaran
CP1 Penguasaan Konsep Dasar

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar informatika dan bidang ilmu terkait lainnya, dan mampu mengaplikasikannya dalam penyelesaian masalah.

CP2 Kemampuan Analisis Masalah

Mahasiswa mampu melakukan analisis masalah dengan menerapkan konsep dasar yang sudah dikuasainya, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis tersebut, untuk menyelesaikan masalah.

CP3 Kemampuan Desain dan Implementasi Penyelesaian Masalah

Mahasiswa mampu menguasai berbagai konsep terkait desain penyelesaian masalah, khususnya desain perangkat lunak dan dapat menerapkan desain yang tepat untuk masalah yang tepat, serta mengimplementasikan desain tersebut dalam bentuk perangkat lunak/bentuk lain yang sesuai.

CP4 Kemampuan Pembangunan Perangkat Lunak Skala Menengah sampai Besar

Mahasiswa mampu membangun perangkat lunak untuk menyelesaikan masalah skala kecil sampai besar, dengan menerapkan/mengadopsi konsep yang sesuai.

CP5 Kemampuan Mempelajari IPTEK Terkini

Mahasiswa mampu mempelajari model, teknik, teknologi terkini, dan bidang ilmu spesifik lainnya yang relevan, serta memahami aplikasinya dan memanfaatkannya untuk menyelesaikan masalah.

CP6 Kemampuan Komunikasi

Mahasiswa mampu mengomunikasikan ide/gagasan/pemikiran di bidang ilmunya, baik lisan maupun tertulis.

CP7 Etika Profesional

Mahasiswa mempunyai sikap dan etika profesional yang tinggi berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan YME, moralitas, dan kecintaan terhadap tanah air.

CP8 Kemampuan Organisasi

Mahasiswa mampu bekerja sama dalam tim, dengan berperan sesuai fungsinya, baik sebagai pemimpin maupun anggota.

Kedelapan capaian tersebut menjadi dasar dari materi serta cara pengajaran yang diberikan pada seluruh mata kuliah Informatika UNPAR.

X