Deskripsi Singkat
Pada mata kuliah ini dipelajari paradigma pemrograman berorientasi objek.Beberapa materi yang dipelajari pada mata kuliah ini adalah pemodelan dunia nyata ke dalam bentuk objek dan kelas, prinsip dasar dari OO, mempelajari 4 pilar dari OOP yaitu (abstraction, inheritance, polymorphism, dan encapsulation), file, dan GUI. Selain itu, mahasiswa akan belajar melakukan perancangan kelas OO pada kasus sederhana baik secara langsung maupun dengan bantuan design pattern.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Capaian pembelajaran dalam mata kuliah ini antara lain sebagai berikut.
- Mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan penerapan objek dan kelas untuk menyelesaikan masalah.
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep inheritance dan polymorphism untuk menyelesaikan masalah
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknologi yang digunakan untuk membantu pemrograman berbasis objek
- Mahasiswa mampu menganalisis masalah untuk pembuatan aplikasi berorientasi objek.
- Mahasiswa mampu memahami konsep desain dan melakukan perancangan menggunakan design pattern.
- Mahasiswa mampu memiliki sikap disiplin dan professional dalam menyelesaikan masalah komputasi secara mandiri.
Materi Pembelajaran
Topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini adalah sebagai berikut.
- Introduction to OOP
- Object & Class
- Inheritance, Interface, & Polymorphism
- Generic
- Package, Java Library
- GUI & Event Driven Programming
- File & Exception Handling
- OO Design
- Design Pattern
Prasyarat
Tempuh Algoritma dan Pemrograman

