Berprestasi Melalui Program Bangkit

Next Prev
Next Prev

Overview Program Bangkit

Bangkit merupakan sebuah program cetusan dari Google Indonesia bersama dengan 3 leading startup company yaitu Tokopedia, Gojek, dan Traveloka. Bangkit sebelumnya sudah pernah ada pada 2020. Pada 2021 Bangkit bekerjasama dengan program kemendikbud yaitu Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM). Masuknya Bangkit ke MBKM dengan tujuan semakin banyak mahasiswa yang dapat dijangkau.

Partisipasi Mahasiswa Teknik Informatika

Salah satu mahasiswa Teknik Informatika UNPAR, yaitu Juan Anthonius berhasil terpilih menjadi salah satu peserta program Bangkit 2021. Untuk dapat terpilih menjadi peserta, Juan mengikuti proses seleksi dan tes, antara lain: Ujian Matematika dan Pemrograman, serta Ujian Bahasa Inggris. Berhasil melewati semua tes tersebut, Juan terpilih untuk mengikuti Program Bangkit Jalur Machine Learning.

Melalui jalur ini, Juan mendapatkan kesempatan untuk mempelajari Machine Learning dan Soft Skills. Kedua hal tersebut didapatkan melalui kuliah satu minggu sekali. Salah satu tantangannya adalah karena kuliah yang diberikan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris.

Seluruh sesi secara langsung menggunakan Bahasa Inggris sehingga diperlukan kemampuan Bahasa Inggris agar dapat memahami dengan baik. Pengajar pada kelas langsung ada yang berasal dari universitas yang bekerjasama dengan Program Bangkit dan juga yang berasal dari pegawai kantor Google di beberapa negara.

Manajer Proyek Akhir dan Sertifikasi

Di akhir program, Juan terpilih untuk menjadi manajer proyek akhir. Proyek akhir yang dibuat oleh Juan adalah Hand Sign Symbol Detector atau detektor untuk simbol tangan bahasa isyarat. Dengan proyek ini, Juan membangun perangkat lunak yang dapat mendeteksi makna dari suatu simbol bahasa isyarat.

Tidak hanya berhasil membuat proyek akhir, Juan juga berhasil meraih nilai A di seluruh kelas yang ia ikuti pada Program Bangkit ini. Selain itu juga, Juan berhasil meraih berbagai sertifikasi, yaitu:

  • DeepLearning.AI TensorFlow Developer
  • TensorFlow: Data and Deployment
  • Mathematics for Machine Learning
  • Google IT Automation with Python
  • Google IT Support

Internship

Program Bangkit juga memiliki Career Expo. Ada banyak sekali perusahaan dan startup yang melakukan rekrutmen pada akhir program bangkit ini namun hampir semuanya membutuhkan pegawai full-time bukan internship. Juan ikut mendaftar ke beberapa perusahaan yang membuka lowongan internship dan diterima sebagai Software Engineer Intern di perusahaan Mekari.