Mahasiswa, Alumni, dan Dosen Berpartisipasi dalam Hackathon Merdeka 2.0

Hackathon 2.0
Hackathon 2.0

Dua tim dari Program Studi Teknik Informatika UNPAR, ikut meramaikan acara Hackathon Merdeka 2.0 Bandung. Hackathon Merdeka 2.0 sendiri diadakan di 27 kota di Indonesia dan 1 kota di Australia, dan merupakan kompetisi pembuatan aplikasi dalam waktu 24 jam nonstop dengan tema Kependudukan. Berdasarkan informasi dari panitia, hackathon ini memecahkan rekor dunia dengan jumlah peserta sebanyak 1700 peserta.

Tim “Schronic” yang terdiri dari 3 alumni, membuat aplikasi untuk mendata siswa dari berbagai sekolah di Indonesia. Tim “TI Unpar” yang terdiri dari 2 mahasiswa dan 1 dosen membuat aplikasi “KTP Rame” yang berfungsi membuat proses entri data untuk pembuatan KTP menjadi lebih akurat dan efisien.

Walaupun kedua tim belum mendapatkan posisi juara, namun keikutsertaan ini diharapkan menjadi pembuka jalan bagi mahasiswa-mahasiswa lain untuk menambah pengalaman dengan mengikuti acara-acara sejenis. Pasca hackathon, tim memutuskan demo aplikasi KTP Rame dibuka untuk umum dengan alamat http://ktprame.azurewebsites.net dan kode sumbernya tersedia di https://github.com/unparrame. Selain itu, tim juga menyiapkan video pendek untuk menjelaskan aplikasi tersebut yang tersedia di alamat https://www.youtube.com/watch?v=lWZSoqkL6bU.

by Pascal Alfadian Nugroho