Mahasiswi Teknik Informatika UNPAR Raih Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021

Teresa Magira, peraih Beasiswa IISMA 2021

Salah satu mahasiswi Teknik Informatika UNPAR, yaitu Teresa Magira Gontina, berhasil meraih beasiswa IISMA 2021. Melalui program beasiswa ini, Teresa akan menjadi mahasiswa pertukaran pelajar ke Prince of Songkla University (PSU), Thailand. Selama satu semester, Teresa akan mengambil empat mata kuliah di PSU.

Pada awalnya, Teresa mengetahui informasi tentang beasiswa ini melalui sebuah platform media sosial. Dari sana, ia mulai tertarik dan ikut mendaftarkan diri dalam seleksi penerima beasiswa ini.

Ada dua tahap seleksi dalam program ini, yaitu pengumpulan dokumen dan tahap wawancara. Ada beberapa dokumen yang perlu dikumpulkan, yaitu transkrip nilai, learning aggreement, dan surat rekomendasi. Selain itu, Teresa juga perlu mengumpulkan essay dan hasil tes Bahasa Inggris yang dilakukan melalui Dulingo.

“Secara umum, essay yang dikumpulkan berisi tentang tujuan dan kepribadian kita. Bagian ini sangat penting karena digunakan untuk menilai diri kita maka harus dipikirkan dengan baik. Awalnya saya merasa cukup kesulitan karena batas pengumpulan yang hanya lima hari saja.”, ujar Teresa.

Setelah lolos tahap pengumpulan dokumen, Teresa mengikuti proses seleksi selanjutnya, yaitu tahap wawancara yang dilakukan secara online melalui Zoom. Meskipun sempat merasa tegang, Teresa dinyatakan lolos untuk mengikuti program ini.

” Tahap ini cukup menegangkan bagi saya karena saya jarang berbicara dalam Bahasa Inggris secara langsung. Untunglah, saya berhasil menjadi salah satu peserta yang lolos dan akan mengikuti studi di PSU. Sebenarnya saya memilih Universitas Tohoku Jepang tetapi saya dipindahkan karena kuota penuh. Namun ini tidak menurunkan antusias saya karena experience yang didapatkan juga akan sangat bermanfaat. ”

Teresa juga membagikan beberapa tips untuk dapat lolos ketika mengikuti seleksi semacam ini.

“Yang pertama, kita harus selalu aktif untuk mencari informasi seputar kegiatan dan kesempatan. Yang kedua, latihan terus untuk mempersiapkan diri, sehingga jika suatu saat ada kesempatan kita sudah siap untuk mengikuti proses seleksinya. Yang terakhir, be the best version of yourself, stay humble but don’t be afraid to show your values.” 

Sekali lagi selamat untuk Teresa dan semoga mendapatkan banyak pengalaman berharga saat mengikuti program pertukaran pelajar ini.