Teknik Informatika UNPAR Juara 3 di UAJY Siloam Hackathon 2019 Dengan Aplikasi Data Science Untuk Kesehatan

Tim A6INAJA dari Teknik Informatika UNPAR berhasil memperoleh prestasi  sebagai juara 3 pada UAJY Siloam Hackathon 2019. Lomba ini berlangsung di Yogyakarta dari tanggal 26-27 April 2019 di Kampus 3 Bonaventura Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tim ini terdiri dari Teuku Hashrul, Gunawan Christianto, Kevin Renaldy Halim, Naufal Muhammad Irsyad, dan Cahyadi Hartanto Sulayman. Kelima mahasiswa tesebut merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNPAR angkatan 2016. 

Pada lomba ini, tim dari Teknik Informatika UNPAR mengaplikasikan data science untuk membantu pengambilan keputusan strategis  di bidang kesehatan.  Tim dari Teknik Informatika UNPAR ini membuat sebuah  sistem informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan berbasis Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) di daerah-daerah terpencil dan membantu proses pengambilan keputusan strategis di level nasional. Sistem informasi ini terdiri dari:

  • Aplikasi DIagnosis Khusus penyakIT BalitA (ADIK-KITA) : aplikasi mobile yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan awal serta pengumpulan data. Pemeriksaan awal ini dilakukan berdasarkan pendekatan MTBS. Aplikasi ini dirancang untuk tetap dapat berfungsi pada perangkat mobile murah dan tanpa jaringan komunikasi yang reliable.
  • Analisis data Balita Berbasis machine learniNG (ABBANG) : sistem untuk melakukan data mining terhadap data yang terkumpul dan memvisualisasikan pola-pola yang ditemukan
Subsistem ABBANG memvisualisasikan hasil clustering data dari ADIK-KITA berdasarkan lokasi geografisnya

“Kami ingin menunjukan bahwa teknologi informasi tidak identik dengan harga mahal. Ide yang kami usulkan selain bersifat paperless sehingga dapat mengurangi biaya operasional pelayanan kesehatan di daerah terpencil, juga dapat membantu pengambilan keputusan strategis di bidang kesehatan berbasis data nyata. Ide ini  merupakan contoh penerapan data science untuk membantu penyelesaian suatu masalah yang memang terjadi di Indonesia”, kata Kristopher David Harjono S.Kom, MT, pembimbing tim Teknik Informatika UNPAR.

UAJY Siloam Hackathon 2019 (klik di sini untuk website Hackathon 2019) adalah sebuah lomba tingkat nasional dengan tema E-Health yang diikuti oleh 40 tim yang berasal jurusan informatika dari universitas negeri dan swasta terkemuka. Hackathon UAJY 2019 ini merupakan hackathon ketiga yang diadakan oleh UAJY. Pada hackathon tahun ini 20 tim dengan proposal terbaik diundang untuk mengikuti babak final di Yogyakarta dimana tiap tim diberi waktu 24 jam untuk mengimplementasikan ide yang mereka tulis di proposalnya. Setelah itu tiap tim harus mempresentasikan ide mereka di depan dewan juri yang berasal dari Rumah Sakit Siloam Yogyakarta.